DETAIL KOLEKSI

Studi kebijakan pengembangan produksi biodiesel (jarak pagar) sebagai bahan bakaralternatif di sektor transportasi dengan menggunakan system dinamis


Oleh : Siti Aisyah

Info Katalog

Subyek : Biodiesel fuels;Internal combustion engines

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : transportation, process production, petroleum


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2009_TA_MTI_163070004_Halaman-Judul.pdf 3197.24
2. 2009_TA_MTI_163070004_Lembar-Pengesahan.pdf 792.88
3. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-1_Pendahuluan.pdf 2266.86
4. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 18492.56
5. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 1210.32
6. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-4_Pengembangan-Model.pdf 10789.43
7. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-5_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 10478.15
8. 2009_TA_MTI_163070004_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 1670.38
9. 2009_TA_MTI_163070004_Daftar-Pustaka.pdf 621.68
10. 2009_TA_MTI_163070004_Lampiran.pdf 10976.03

P Penelitian ini memiliki tiga tujuan: pertama,untuk mengembangkan model dinamika sistem produksi biodiesel sebagai bahan bakar alternatif di sektor transportasi berdasarkan Model Nasional yang dikembangkan oleh Forrester, kedua, melihat pengaruh instrumen kebijakan (depletion premium, suku bunga pinjaman, peraturan penggunaan energi bersih dan pajak sulfur) yang dapat mendukung keberhasilan pengembangan produksi biodiesel sebagai bahan bakar altematif di sektor transportasi. dan ketiga, merancang kebijakan yang mendukung kebehasilan pengembangan produksi biodiesel di sektor transportasi. Model ini memiliki delapan sub sistem yaitu sub sistem permintaan biodiesel sektor transportasi, sub sistem produksi biodiesel, CJO dan jarak, sub sistem populasi, sub sistem harga, sub sistem barang kapital, sub sistem penerimaan minyak bumi, sub sistem finansial, sub sistem pemerintah.Model yang telah dibangun disimulasikan dengan menggunakan lima buah rancangan skenario kebijakan, kelima skenario tersebut meliputi skenario kebijakan saat pengembangan produksi biodiesel mulai diterapkan tahun 2006 (model dasar), skenario peningkatan persentase dana depletion premium, skenario peningkatan cadangan minyakbumi, skenario peningkatan produksi dan pengendalian harga, skenario penurunan suku bunga pinjaman. Dari kelima skenario tersebut, yang dapat memberikan keberhasilan Airrh.;.:J . pengembangan produksi biodiesel dan peningkatari perforrnansi, kapasitas terpasang dan peningkatan laba adalah skenario peningkatan cadangan minyak bumi dan skenario peningkatan produksi dan pengendalian harga.Dan dua skenario terbaik tersebut digabungkan menjadi dua buah alternatif kebijakan yang telah memberikan kondisi yang baik bagi pengembangan produksi etanol sebagai bahan bakar alternatif di sektor transportasi. Altematif yang pertama adalah penggabuangan kebijakan untuk skenario gabungan opimistik dan alternatif yang kedua adalah penggabungan kebijakan skenario gabungan pesimistik.

T This study has three objectives: first, to develop a dynamic model of the biodiesel production system as an alternative fuel in the transportation sector based on the National Model developed by Forrester, second, to examine the effect of policy instruments (depletion premium, loan interest rates, regulations on the use of clean energy and taxes). sulfur) which can support the successful development of biodiesel production as an alternative fuel in the transportation sector. and third, designing policies that support the successful development of biodiesel production in the transportation sector. This model has eight sub-systems, namely the transportation sector biodiesel demand sub-system, biodiesel production sub-system, CJO and distance, population sub-system, price sub-system, capital goods sub-system, petroleum revenue sub-system, financial sub-system, and government sub-system.The model that has been built is simulated using five policy scenario designs, the five scenarios include the policy scenario when the development of biodiesel production began to be implemented in 2006 (basic model), the scenario of increasing the percentage of premium depletion funds, the scenario of increasing oil reserves.the earth, scenarios of increasing production and controlling prices, scenarios of lowering loan interest rates. Of the five scenarios, which can give Airrh success.;.:J . development of biodiesel production and increase in performance, installed capacity and increase in profit are scenarios for increasing petroleum reserves and scenarios for increasing production and controlling prices.And the two best scenarios are combined into two alternative policies that have provided good conditions for the development of ethanol production as an alternative fuel in the transportation sector. The first alternative is the amalgamation of policies for the combined optimistic scenario and the second alternative is the amalgamation of policies for the combined pessimistic scenario.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?