DETAIL KOLEKSI

Implementasi Model CRISP-DM untuk menentukan sales pipeline pada PT. X

0.0


Oleh : Dina Feblian

Info Katalog

Subyek : Data mining;CRISP (Computer file)

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : data mining, CRISP-DM, customer segmentation, customer pipeline

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TS_MTI_163130002_Halaman-Judul.pdf
2. 2016_TS_MTI_163130002_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-4_Pengumpulan-dan-Analisis-Data.pdf
7. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-5_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
8. 2016_TS_MTI_163130002_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2016_TS_MTI_163130002_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2016_TS_MTI_163130002_Lampiran.pdf

P PT X merupakan salah satu anak perusahaan joint venture dari sebuah bank di Indonesia, yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha asuransi kerugian. PT X dituntut untuk meningkatkan pangsa pasarnya terhadap perusahaan induk oleh para pemegang saham dalam mengembangkan potensi bisnisnya. Dalam mengembangkan potensi bisnis tersebut, perusahaan memerlukan informasi yang cukup untuk dapat dianalisa lebih lanjut. Sumber informasi yang dapat digunakan yaitu data bisnis perusahaan, baik dari PT X sebagai perusahaan anak dan perusahaan induknya. Dalam penelitian, data bisnis tersebut dibatasi pada satu segmen. Dengan memanfaatkan data bisnis dalam jumlah yang besar, perusahaan akan menemukan beragam informasi yang dibutuhkan. Untuk proses pengolahan data nis,‹-sebut diperlukan suatu teknik dari data mining. Dalam penelitian ini, impl si model mengacu pada enam tahap Cross-) Industry Standard Process for Data Mining atau biasa disebut dengan singkatanCRISP-DM. Keenam tahap CRISP-DM tersebut yaitu business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation, dan deployment. Keunggulan dari metode ini adalah lebih komprehensif apabila dibandingkan dengan metode lain. CRISP-DM memandu penggunanya untuk mengetahui bagaimana data mining dapat diterapkan secara nyata. Dengan demikian, pipeline customer barn dapat di update setiap saat.

P PT X is a joint venture subsidiary of a bank in Indonesia, which is a company engaged in the general insurance business. PT X is required to increase its market share to the parent company by shareholders in developing its business potential. In developing the business potential, companies need sufficient information to be analyzed further. Sources of information that can be used are company business data, both from PT X as a subsidiary company and its parent company. In the research, the business data is limited to one segment. By leveraging large amounts of business data, companies will find a variety of information they need. For this data processing process, we need a technique from data mining. In this study, the model implementation refers to the six stages of the Cross-) Industry Standard Process for Data Mining or commonly referred to by the abbreviationCRISP-DM. The six stages of CRISP-DM are business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation, and deployment. The advantage of this method is that it is more comprehensive when compared to other methods. CRISP-DM guides its users to find out how data mining can be applied in real life. Thus, the new customer pipeline can be updated at any time. a trick

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?