DETAIL KOLEKSI

Perbedaan pengetahuan dan sikap peserta didik terhadap interprofesional education (IPE) di institusi pendidikan kedokteran gigi : kajian di IPDG UGM, UMY, Usakti


Oleh : Marta Juslily

Info Katalog

Subyek : Interprofessional education

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Tri Erri Astoeti

Pembimbing 2 : Adang Bachtiar

Kata Kunci : differences in knowledge, attitudes of students, interprofessional education, dental education insti

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TS_MKG_14417008_Halaman-Judul.pdf
2. 2019_TS_MKG_14417008_Pengesahan.pdf
3. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-3_Kerangka-Teori-&-Konsep.pdf
6. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf
7. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf
8. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2019_TS_MKG_14417008_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
10. 2019_TS_MKG_14417008_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2019_TS_MKG_14417008_Lampiran.pdf

L Latar Belakang : Interprofesional Education (IPE) merupakan suatu konseppendidikan terintegrasi untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif tenaga kesehatansejak dini melalui pembelajaran bersama secara multiprofesi.13 Implementasi IPE diinstitusi pendidikan kedokteran gigi (IPDG) belum dilakukan di seluruh institusipendidikan kedokteran gigi yang ada di Indonesia. Untuk membentuk perilaku praktikkolaboratif lulusan dokter gigi dan guna menunjang pelayanan berkualitas di fasili taspelayanan kesehatan maka IPE perlu diimplementasikan di seluruh IPDG. Tujuan :untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadapimplementasi IPE di IPDG yang telah dan belum mengimplementasikan. MetodePenelitian : Desain penelitian observasional deskriptif analitik dengan rancanganpotong lintang (cross sectional). Instrumen pengukuran pengetahuan menggunakankuesioner yang dirancang, dan pengukuran sikap menggunakan kuesionerInterprofesional attitude scale (IPAS). Jumlah total sampel 249 mahasiswa dari 3IPDG yaitu UGM (90), UMY (76) dan Usakti (83). Pengambilan sampel secarapurposive sampling. Kesimpulan : Pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap IPEdi IPDG Usakti, UMY dan UGM yang telah mengimplementasikan dan yang belummengimplementasikan terdapat perbedaan namun tidak bermakna.

B Background: Interprofessional Education (IPE) is an integrated learning concept toimprove the collaborative ability of health workers through multiprofessional learningtogether.13 IPE in dental education institution (DEI) has not been implemented in alldental education institutions in Indonesia. To form collaborative practice of dentalgraduates and to support quality services in health care facilities, IPE needs to beimplemented throughout the DEI. Objective: research to find out the differences inknowledge and attitudes of students towards the implementation of IPE in DEI thathas and has not yet been implemented. Research Method: Descriptive analyticobservational research design with cross sectional design. The instrument formeasuring knowledge uses a self-designed questionnaire. For attitude measurementuses the Interprofessional attitude scale (IPAS) questionnaire. The total sample of 249students from 3 DEI, are UGM (90), UMY (76) and Usakti (83). Sampling bypurposive sampling. Conclusion: Knowledge and attitudes of students towards IPE inDEI UMY that have implemented and those that have not implemented which areDEI UGM and Usakti, there are differences but are not significant.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?