DETAIL KOLEKSI

Analisis faktor-faktor dominan manajemen risiko terhadap kinerja keuangan proyek tahap konstruksi

0.0


Oleh : Rinto Sugiharto

Info Katalog

Subyek : Engineering - Management;Project management - Finance

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Jane Sekarsari

Kata Kunci : risk response, financial performance, project commercial, risk mitigation


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_TS_MTS_151011810020_Halaman-Judul.pdf 1576.55
2. 2020_TS_MTS_151011810020_Lembar-Pengesahan.pdf 1740.45
3. 2020_TS_MTS_151011810020_Bab-1_Pendahuluan.pdf 1077.79
4. 2020_TS_MTS_151011810020_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 5838.12
5. 2020_TS_MTS_151011810020_Bab-3_Metologi-Penelitian.pdf 1972.9
6. 2020_TS_MTS_151011810020_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 4631.71
7. 2020_TS_MTS_151011810020_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 674.33
8. 2020_TS_MTS_151011810020_Daftar-Pustaka.pdf 1077.87
9. 2020_TS_MTS_151011810020_Lampiran.pdf 2249.01

D Dalam setiap aktivitas proyek tentu mengandung unsur risiko, semakin kompleksebuah proyek semakin besar risiko yang akan terjadi. Kurangnya perhatian terhadapmanajemen risiko dapat mengakibatkan terganggunya proses komersial proyek.Risiko-risiko yang terjadi akan sangat berhubungan erat dengan penambahan biayaproyek, sehingga jika pengelolaan risiko tidak tepat maka akan mengakibatkanpenambahan biaya proyek. Pada akhirnya akan mengurangi laba hingga kerugianproyek. Untuk itu diperlukan perencanaan dan respon yang tepat di awal perencanaanproyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko dominandalam pelaksanaan manajemen risiko tahap konstruksi, dan menganalisis sertamendapatkan faktor-faktor risiko dominan manajemen risiko terhadap kinerjakeuangan proyek tahap konstruksi. Teknik pengumpulan data dengan mengunakankuisioner dan telaah dokumen hasil penelitian sebelumnya. Kuesioner disebarkankepada responden Manager proyek pada proyek-proyek Gedung sebanyak 40 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan deskriptif. Dari hasilpengolahan dengan menggunakan metode Indeks Mean Risk Relative Importance(RRI). Analisa dilakukan dengan perangkat lunak SPSS. Didapatkan faktor-faktorrisiko dominan pencapaian laba dengan persentase 5%-10% diantaranya adalahkesalahan estimasi harga dasar, sistem pengendalian biaya yang lemah, pembengkakanharga material dan peralatan, pembayaran berlangsung dalam waktu lama (collectionperiods) dan produktivitas tidak sesuai schedule pekerjaan. Respon terhadappengelolaan risiko tersebut adalah dengan menghindari dan memitigasi risiko.Perencanaan risiko wajib dilakukan sebelum memulai proyek dengan tujuan akhir agarkinerja keuangan dapat berjalan baik dan pencapaian laba dapat sesuai target.

T There is an element of risk in every project activity. The more complex a project is, thegreater the risk that will occur. Lack of attention to risk management can lead todisruption of the commercial processes of the project. The risks that occur will beclosely related to the additional cost of the project. If there is no appropriate riskmanagement, it will result in additional project costs which in turn will potentiallyreduce the overall profit of the project. Therefore, proper planning and response arerequired at the beginning of project planning. This study aims to identify the dominantrisk factors in the implementation of risk management in the construction phase andto analyze and obtain the dominant factors of risk management on the financialperformance of a project construction phase. The data collection techniques used werequestionnaires and review of previous research documents. The questionnaire wasdistributed to 40 project manager respondents in several building projects. This study uses quantitative and descriptive analysis methods. In addition, SPSS software is usedto analyze the questionnaire results by using Mean Risk Relative Importance (RRI)Index. According to the analysis, it is found that the dominant risk factors for profitachievement with a percentage of 5% -10% include errors in estimating the base price,weak cost control systems, swelling prices for materials and equipment, long paymenttime (collection period) and productivity that does not match the work schedule. Theresponse to manage the risks is to avoid and mitigate risks. A robust risk planningprocess must be carried out before the project starts, this is to ensure that the projectcan have a good financial performance and achieve profit targets.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?