DETAIL KOLEKSI

Penentuan target penjualan spare part berdasarkan peramalan permintaan menggunakan model arima musiman dan holtwinter


Oleh : Luh Azizah Nurratri

Info Katalog

Subyek : Spare part;Sales target

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Dedy Sugiarto

Pembimbing 2 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : forecasting, seasonal ARIMA, MAPE, holt-winters

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TS_MTI_163011900008_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TS_MTI_163011900008_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TS_MTI_163011900008_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TS_MTI_163011900008_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TS_MTI_163011900008_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2020_TS_MTI_163011900008_Bab-4_Analisis-dan-Penelitian.pdf
7. 2020_TS_MTI_163011900008_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TS_MTI_163011900008_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TS_MTI_163011900008_Lampiran.pdf

P PT XYZ adalah sebuah perusahaan manufaktur multinasional yang menyediakanbaik barang atau jasa berbasis listrik dan elektronik. Pada penelitian ini akanmembahas mengenai peramalan target penjualan spare part pada departemenService Sales Specialist. Penentuan target penjualan adalah salah satu strategipenting yang harus dilakukan sebelum tahun fiskal dimulai. Peramalan target yangkurang tepat akan berimbas ketidaktercapainya target penjualan dan juga KPI.Karena itu, dibutuhkan metode peramalan yang tepat guna menghasilkanperamalan target penjualan dengan hasil yang realistis dan akurat. Metode yangdigunakan pada penelitian ini adalah ARIMA musiman dan Holt-Winters dandilakukan dengan bantuan software R-studio. Hasil dari penelitian inimembuktikan bahwa metode ARIMA lebih akurat. Hal ini dapat dibuktikan dariperbandingan persentase nilai MAPE dari ARIMA lebih kecil dari pada Holt-Winter.

P PT XYZ is a multinational manufacturing company that provides both electricaland electronic equipment and services. In this study will discuss the forecasting ofspare parts sales targets in the Service Sales Specialist department. Determinationof sales targets is one important strategy that must be carried out before the fiscalyear begins. Inaccurate forecasting of targets will result in non-achievement forsales targets and KPI. Therefore, the right forecasting method is needed in order toproduce forecasting sales targets with realistic and accurate results. The methodused in this research is seasonal ARIMA and Holt-Winters using R-studiosoftware. The results of this study prove that the seasonal ARIMA method is moreaccurate. This can be proven by comparing the percentage of MAPE values fromARIMA and Holt-Winters.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?