DETAIL KOLEKSI

Kajian visual gambar karya Atika Haidilia Mursjid : studi kasus terhadap gambar anak autis

0.0


Oleh : Yulianto Hadiprawiro

Info Katalog

Nomor Panggil : 0004/T/2011

Subyek : Product design - Visual image

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Yusuf Affendy D

Pembimbing 2 : Pantas L.Tobing

Kata Kunci : visual, autism.

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2007_TS_MDP_191071030_Halaman-Judul.pdf
2. 2007_TS_MDP_191071030_Bab-1.pdf
3. 2007_TS_MDP_191071030_Bab-2.pdf
4. 2007_TS_MDP_191071030_Bab-3.pdf
5. 2007_TS_MDP_191071030_Bab-4.pdf
6. 2007_TS_MDP_191071030_Bab-5.pdf
7. 2007_TS_MDP_191071030_Daftar-Pustaka.pdf

L Latar belakang penelitian inididasari dari pengamatan terhadap gambar seorang anak autis.Karya sejumlah sketsa, gambar ddan lukisan seorang anak perempuan muda dengan gaya, corak,dan motifkartun Jepang yang dibuat secara konsisten diterapkan berbakatpenderita autismurni, bernamaAtikaH. Mursjid,yang terpengaruh dan terinspirasi oleh karakter–karakter dari komik, majalah animasi dan film animasi. Baik di sekolah maupun dirumah atau saat senggangdimanapun, ia hampir selalu mencoba mengekspresikanide, pikiran dan perasaannya ke dalam gambar.Objektifitas pada penelitian ini adalah melihat dan mengkaji unsurvisual desain grafis dari aplikasi garis sketsa, pemilihan objekgambar, teknik pewarnaan, penggunaan mediadan komposisi tata letakpada karya gambar.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari gambar sketsa, gambar berwarna dan lukisanyang ada dipilih atas dasar kesamaan tema, gaya, corak dan motif yang serupa, yaitu karakter kartun.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ketertarikan Atika H. Mursjid, seorang anak autismurni,terhadap gambar,gaya, corak, motif kartunsangat kuat, terlihat pada karya-karyanya. Bagi anak autis, (dalam studi kasus ini)yang mempunyai bakat menggambar atau setidaknya yang pada awalnya kemungkinan hanya berupa hobi lalu kemudian menjadi keterampilan yang menakjubkan, akan mendapat kesempatan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan ide dan perasaannya melalui media gambardan menggambar. Ia bercerita bebas dengan segala ekspresinya tak terbatas pada kaidah kaidah baku panduan teori menggambar. Namun hal ini tergantung pada tema atau perasaan yang ingin disampaikan melalui karya gambar atau lukisannya.Seiring dengan perkembangan waktu, skill menggambar pun berkembang. Panduan gambar dalam terapi visual dapat membantu anak autis berkomunikasi dan beraktivitasserta berinterkasi dengan lingkungan sekitarnya, namun dalam hal ini, aktivitas menggambarjuga merupakan sarana terapi visual lain yang mempunyai multifungsi dalam usaha mengembangkan kemampuan anak autis berkomunikasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian mengalami proses kreatif. Hal ini akan menstimuliotak kanannya untuk berkarya. Diawali denganproses pengamatansebuah objek,baik didepan mata, atau objek yang pernahdilihatnya dan melekat pada pikirannya, atau benar-benar murni khayalan atau imajinasinya, lalu merekamnya dalam pikiran,lalu kemudian menuangkannya kembali dengan gaya, corakatau motif garisan visual tertentu yangditerapkan pada karya-karyanyadi atas media-media. akan mempengaruhi teknik menggambarnya, gaya gambarnya dan bahkan teknik pewarnaannya.Bagi seniman, dalam hal ini adalah anak auits yang menciptakankaryanya,yang kemungkinan bertujuan untuk mencoba berkomunikasi mencapaikan pesan atau ekspresi jiwa secara visual,namun secara langsung aktivitas ini merupakan media terapi visual terhadap anak autis itu sendiri. Karena ia terlibat langsung didalamnya.Hasilnya dapat berkembang dengan gaya gambar yang baru yang dapat diaplikasikankepada PECS(Picture Exchange Communication System) yaitu sebuah media komunikasi berupa panduan gambar untuk melatih anak autis merespon secara verbal, atau tingkah laku kepada lingkungan sosialnya baik dirumah sekolah atau tempat keramaian biasa dikunjungi.Panduan gambar ini nampak secara logis akan menjadi efektifdan efisien karena yang menggambar adalah anakautis itu sendiri,dimana panduan gambar itu akan mamandu mengembangkan dirinya dalam berinterkasi sosial dengan orang lain di lingkungan sekitarnya

T The reasonof this research is based on the writer's observation of the image of a child with autism. The work of a number of sketches, hand drawings andpaintingsbya young girl with style, style, and motifs of cartoon isconsistently applied autism pure talent, named Atika H. Mursjid, who influenced and inspired by characters from the comics, magazines, animation and Japanese animation movies. Both at school and at home or at leisure anywhere, she almost always tries to express ideas, thoughts and feelings into the picture.Objectivity in this study is to see and assess the visual elements of graphic design from sketch line applications, the selection of the object image, coloring techniques, use of media and composition on the work layout drawings. Analysisof the data used in this study were taken from the drawing, color drawing and painting pictures are selected on the basis of common themes, styles, patterns and motifs are similar, namely the cartoon character.13Kajian visual gambar kartun karya Atika Haidila Mursjid / Yulianto Hadiprawiro,2011vThe results of this study concluded that the interest Atika H. Mursjid, an autistic child is pure, of images, styles, patterns, motifs ofcartoons are very strong, visible in his works. For children with autism, (in this case study) who have the talent to draw or at least that at first might be only a hobby and then became an amazing skill, will get a chance to communicate and express ideasand feelings through drawing and drawing media. He talked freely with all the expression is not limited to the standard rules and guidelines drawing theory. But this depends on the theme or feeling to be conveyed through the work of drawing or painting. Along with the development time, drawing skills developed. Guidelines images in visual therapy to help autistic children communicate and move and interact with the surrounding environment, but in this case, drawing activities are also a means other visual therapies that have multifunctional in an effort to develop the ability of children with autism to communicate. In this research, the research subjects experience the creative process. This will stimulate the right brain to work. Beginning with the observation of an object, either in front of the eye, or the object he had ever seen and embedded in his mind, or pure fantasy or imagination, then record it in mind, and then pour it back in style, pattern or motif specific visual ruler applied in his work over the media. will affect the drawing techniques, drawing styles and coloring techniques even For the artist, in this case is anautisticchild who created his work, which is likely aimed at trying to communicate a message or expression weary soul visually, but this activity is directly visual media treatment of children with autism itself. Because she was directly involved in it, the results can be developed with a new style 14Kajian visual gambar kartun karya Atika Haidila Mursjid / Yulianto Hadiprawiro,2011viof drawing.that can be applied to Pecs (picture Exchange Communication System) is aform of communication media guide picture to train children with autism respond verbally, or behavior to their social environment both at home school or place of usual crowd visited. This image guide would logically seem to be effectiveand fuel-efficientbecause the drawing is a child with autism itself, which guides the picture will develop herselfin a socially interact with others in the surrounding environment

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?