DETAIL KOLEKSI

Pengembangan model bisnis pada rumah makan k2b menggunakan metode design thinking

0.0


Oleh : Christania Paulina Bolung, 2022

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Dadan UD

Pembimbing 2 : Imam Kisowo

Subyek : Strategic planning;Business

Kata Kunci : design thinking, value proposition canvas, lean canvas, blue ocean strategy

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STI_063001600085_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2022_TA_STI_063001600085_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2022_TA_STI_063001600085_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2022_TA_STI_063001600085_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 13
5. 2022_TA_STI_063001600085_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 6
6. 2022_TA_STI_063001600085_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 36
7. 2022_TA_STI_063001600085_Bab-5_Kesimpulan-Dan-Saran.pdf 3
8. 2022_TA_STI_063001600085_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2022_TA_STI_063001600085_Lampiran.pdf 15

P Pada perkembangan industri di Indonesia salah satunya industri yang bergerak dibidang makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat. Rumah Makan K2B merupakan usaha bisnis kuliner yang menjual berbagai macam menu makanan khas Manado. Suatu permasalahan yang dihadapi Rumah Makan K2B yaitu pendapatan penjualan yang masih belum stabil dan belum mencapai target sehingga memerlukan model bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model bisnis yang sesuai dengan memberi inovasi pengembangan bisnis serta melakukan uji kelayakan untuk Rumah Makan K2B. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan model bisnis menggunakan Design Thinking dengan mengetahui informasi dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen yang dilakukan pada tahap emphaty map. Pada tahap define mengidentifikasi masalah utama yang didapatkan terhadap konsumen yang dirumuskan dengan problem statement dan digambarkan dengan problem statement canvas, kemudian di rangkum dengan jobs to be done dan menentukan customer persona. Pada tahap ideate merancang Value Proposition Canvas. Pada tahap prototype menggunakan Lean Canvas untuk memecahkan ide dari suatu permasalahan yang terdiri dari 9 blok. Selanjutnya tahap Competition Analysis dengan melakukan perbandingan kompetitor terhadap faktor promosi, harga, service, dan varian menu. Pada tahap test melakukan pengujian produk ke beberapa customer untuk mengetahui apakah produk yang diciptakan sudah sesuai dengan keinginan customer. Pada tahap validasi menggunakan penilaian kuisioner. Tahap Blue Ocean Strategy dengan menggunakan kanvas strategi awal dan dianalisis menggunakan kerangka kerja 4 langkah, kemudian menghasilkan kanvas strategi baru. Hasil pada penelitian ini adalah menciptakan inovasi varian menu makanan baru dengan membuat menu makanan khas Manado yang pedas dan menu makanan sehat, menciptakan layanan jasa catering, dan menciptakan website untuk melakukan penjualan serta mempromosikan sebuah produk dengan melakukan paid promote. Tahap uji kelayakan dengan menghitung hasil dari Break Event Point, Payback Period, Net Present Value, dan Internal Rate of Return. Pada penelitian ini diharapkan untuk mendapatkan hasil yang dapat dinyatakan layak untuk pengembangan model bisnis pada Rumah Makan K2B.

I In the development of industry in Indonesia, one of them is an industry that is engaged in food and beverages which are the daily basic needs of the community. K2B Restaurant is a culinary business that sells a variety of Manado specialties. A problem faced by K2B Restaurant is that sales income is still not stable and has not reached the target so that it requires a business model to benefit from the business being run. The purpose of this research is to obtain an appropriate business model by providing business development innovations and conducting a feasibility test for K2B Restaurants. The steps taken in developing a business model using Design Thinking are to find out information by paying attention to consumer wants and needs which are carried out at the empathy map stage. At the define stage, identify the main problems encountered by consumers which are formulated with a problem statement and described with a problem statement canvas, then summarized with jobs to be done and determine the customer persona. At the ideate stage, designing the Value Proposition Canvas. At the prototype stage using Lean Canvas to solve the idea of a problem consisting of 9 blocks. The next stage is Competition Analysis by comparing competitors to promotional factors, prices, service, and menu variants. At the test stage, product testing is carried out to several customers to find out whether the product created is in accordance with the customer's wishes. At the validation stage using a questionnaire assessment. The Blue Ocean Strategy stage uses the initial strategy canvas and is analyzed using a 4-step framework, then produces a new strategy canvas. The results of this study are creating innovations for new food menu variants by creating spicy Manado specialties and healthy food menus, creating catering services, and creating websites to sell and promote a product by doing a paid promote. The feasibility test phase is by calculating the results of the Break Event Point, Payback Period, Net Present Value, and Internal Rate of Return. In this study, it is expected to obtain results that can be declared feasible for the development of business models at K2B Restaurants.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?