Pengaruh environmental consciousness dan environmental leadership terhadap keunggulan bersaing dengan green intellectual capital sebagai variabel intervening
Nomor Panggil : 023152178
Penerbit : FEB - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2019
Pembimbing 1 : Yvonne Augusitne
Subyek : Leadership;Corporations - Competitive advantage
Kata Kunci : environmental consciousness, environmental leadership, green intellectual capital, competitive advan
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2019_TA_AK_023152178_Halaman-Judul.pdf | 20 | |
2. | 2019_TA_AK_023152178_Bab-1.pdf | 11 | |
3. | 2019_TA_AK_023152178_Bab-2.pdf |
|
|
4. | 2019_TA_AK_023152178_Bab-3.pdf |
|
|
5. | 2019_TA_AK_023152178_Bab-4.pdf |
|
|
6. | 2019_TA_AK_023152178_Bab-5.pdf |
|
|
7. | 2019_TA_AK_023152178_Daftar-Pustaka.pdf | 4 | |
8. | 2019_TA_AK_023152178_Lampiran.pdf |
|
P Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara pengaruh environmental consciousness dan environmental leadership terhadap keunggulan bersaing. Namun, penelitian ini juga mengadopsi green intellectual capital sebagai variabel intervening untuk mengetahui bagaimana environmental consciousness dan environmental leadership secara tidak langsung berpengaruh terjadap keunggulan bersaing.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada sejumlah karyawan di beberapa perusahaan secara online dengan metode convenience sampling. Jumlah data yang terkumpul adalah 123 sampel, yang kemudian dianalisis dengan pendekatan partial least square structural equation modelling (PLS SEM) menggunakan program SmartPLS 3.Hasilnya menunjukkan bahwa green intellectual capital tidak bisa menjadi mediator hubungan antara environmental consciousness dan keunggulan bersaing. Tetapi green intellectual capital merupakan full mediator hubungan antara environmental leadership dan keunggulan bersaing. Hal ini didukung oleh hasil penelitian berupa ketiga dimensi dari green intellectual capital yang berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing
T The objective of this study was to prove the impact that environmental consciousness and environmental leadership had on competitive advantage. But, this study also adopted green intellectual capital as an intervening variable to gain insight about how environmental consciousness and environmental leadership indirectly affect competitive advantage.A questonnaire survey was conducted to a number of employee online with convenience sampling method. 123 samples collected were analyzed by partial least square structural equation modelling approach (PLS SEM) using SmartPLS 3 program.The results show that green intellectual capital is not a mediator of the relationship between environmental consciousness and competitive advantage. But, green intellectual capital is a full mediator of the relationship between environmental leadership and competitive advantage, since all the dimensions of green intellectual capital have positive effect to competitive advantage.