DETAIL KOLEKSI

Evaluasi usability pada iso 9241-11 dan usulan perbaikan website blackpaintart.com dengan metode usability testing & use questionnaire


Oleh : Salsabila Latifani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Sucipto Adisuwiryo

Pembimbing 2 : Arnes Faradilla

Subyek : User interfaces (Computer systems)

Kata Kunci : usability testing, effectiveness, Use Questionnaire, satisfaction

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STI_063001800015_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_STI_063001800015_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_STI_063001800015_BAB-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_STI_063001800015_BAB-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_STI_063001800015_BAB-3_Metodologi-Peneliian.pdf
6. 2023_TA_STI_063001800015_BAB-4_Analisa-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_STI_063001800015_BAB-5_Kesimpulan.pdf
8. 2023_TA_STI_063001800015_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_STI_063001800015_Lampiran.pdf

W Website blackpaintart.com merupakan salah satu website yang dapat diakses untuk melakukan belanja online. Website ini dikelola oleh percetakan dan digital printing yang bernama Blackpaint Print Shop digunakan untuk memasarkan produknya. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada 32 responden, diperoleh permasalahan dalam website blackpaintart.com yaitu pengguna masih merasa sulit menggunakan website, pengguna merasa kesulitan dalam mengingat ketika menggunakan kembali website, dan sebanyak 50% pengguna merasa kurang puas terhadap website. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan mengukur tingkat usability yang terdapat pada website, mengidentifikasi perbedaan antar pengguna pasif dan aktif melalui uji beda dan memberikan usulan perbaikan berupa rancangan prototipe. Penelitian ini menggunakan metode Usabillity testing dan metode USE Questionnaire yang merujuk pada standar ISO 9241-11 yaitu pada permasalahan efektifitas, efisiensi, dan kepuasan yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu pengguna pasif dan pengguna aktif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan terbanyak dan waktu pengerjaan task paling lama yaitu pada task 2 dengan melakukan pembelian produk Y banner ukuran 60 cm x 160 cm dengan memilih bahan flexy 440 gr glossy, dan nilai rata-rata keempat aspek kepuasan pengguna masih diperlukan adanya sedikit perbaikan agar meningkatkan kepuasan pengguna. Serta diperoleh hasil yang signifikan terhadap perbedaan pengguna pasif dan aktif melalui uji beda yaitu uji t. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan dalam bentuk prototipe berdasarkan permasalahan yang diperoleh seperti menambahkan informasi pemilihan bahan, pengisian alamat dilakukan bersamaan dengan mendaftar akun, daftar bank yang digunakan hanya satu yaitu atas nama perusahaan

T The blackpaintart.com website is a website that can be accessed for online shopping. This website is managed by a printer and digital printing company called Blackpaint Print Shop which is used to market its products. Based on preliminary research conducted on 32 respondents, the problems found on the blackpaintart.com website are that users still find it difficult to use the website, users find it difficult to remember when using the website again, and as many as 50% of users feel unsatisfied with the website. This study aims to identify problems and measure the level of usability found on the website, identify differences between passive and active users through different tests and provide suggestions for improvements in the form of prototype designs. This study uses the usability testing method and the USE Questionnaire method which refers to the ISO 9241-11 standard, namely on the issues of effectiveness, efficiency and satisfaction which are divided into 2 groups, namely passive users and active users. The results of this study showed that the most errors and the longest task processing time were in task 2 by purchasing Y banner products measuring 60 cm x 160 cm by choosing 440 gr glossy flexy material, and the average value of the four aspects of user satisfaction still needed a little improvements to increase user satisfaction. As well as obtained significant results on the differences in passive and active users through a different test, namely the t test. This research resulted in a proposed improvement in the form of a prototype based on the problems obtained such as adding material selection information, filling in the address is done simultaneously with registering an account, only one bank list is used, namely on behalf of the company.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?