Persepsi dan perilaku masyarakat dalam pelayanan kesehatan gigi
P Persepsi dan perilaku merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhikesehatan gigi masyarakat. Persepsi masyarakat akan pelayanan kesehatan gigimempengaruhi perilaku masyarakat terhadap kesehatan gigi. Persepsi sehat sakittenaga kesehatan dengan persepsi sehat sakit masyarakat berbeda, hal inimembuat perilaku kesehatan gigi masyarakat tidak sesuai dengan harapan tenagakesehatan gigi. Masyarakat pada umumnya hanya datang ke pelayanan kesehatangigi kalau sudah merasakan nyeri. Menurut tenaga kesehatan orang yang masihsehat juga membutuhkan upaya kesehatan untuk mencegah timbulnya penyakit.Persepsi berperan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam pemanfaatanpelayanan kesehatan gigi yang telah disediakan, perilaku masyarakat dalampemanfaatan pelayanan kesehatan gigi menentukan derajat kesehatan gigimasyarakat Indonesia.
T The role of perceptions and behavior of dental health services determine thedegree of public dental health. Perception and behavior is one of the mainfactors affecting the dental health of the community. People's perceptions ofthe dental health care community will affect the people dental health. Healthy andill perception of health practitioner with people are different. It makes the publicdental health behavior does not match the expectations of dental health personnel.The people generally only comes to dental care when they feel the pain.According from health practitioner, people who are still healthy also requireshealth efforts to prevent the onset of the disease. The role of persections influencepeople’s behavior in the utilization of dental care that has been provided, thebehavior of community in utilization of dental care determine the dental healthstatus of indonesian society.