Pengaruh perencanaan pajak, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bei pada tahun 2017-2021
T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruhperencanaan pajak, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap perusahaan manufaktursektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun2017-2021. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaanmanufaktur sektor industri barang konsumsi dengan menggunakan data sekunder danmetode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data yangdigunakan berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisisregresi data panel, dan uji hipotesis yang menggunakan E-views versi 10.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak dan ukuranperusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Leveragetidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultanperencanaan pajak, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadapmanajemen laba.
h he purpose of this study is to examine and explain the effect of tax planning,leverage, and company size on manufacturing companies in the consumer goodsindustry sector which are listed at the Indonesian Stock Exchange in 2017-2021. Thisresearch was conducted at the Indonesia Stock Exchange for manufacturingcompanies in the consumer goods industry sector using secondary data and apurposive sampling method. The data analysis method used is quantitative analysisusing descriptive statistics, panel data regression analysis, and hypothesis testingusing E-views version 10.The results of this research show that tax planning and firm size have nosignificant effect on earnings management. Leverage have a no significant effect onearnings management. Simultaneously tax planning, leverage, and firm size affectearnings management.