Pengaruh investasi hijau, liputan media, penjualan internasional terhadap pengungkapan emisi karbon dan komite audit sebagai variabel moderasi.
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh investasi hijau, liputan media danpenjualan internasinal terhadap pengungkapan emisi karbon dengan komite auditsebagai variabel moderasi. Investasi hijau diukur dengan peringkat PROPPER,liputan media dan komite audit diukur dengan variabel dummy, penjualaninternasional diukur dari jumlah penjualan internasional (PI), dan pengungkapanemisi karbon diukur dengan Carbon Emissions Disclosure (CED). Metode kuantitatifdigunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data sekunder. Penelitimengambil data pada perusahaan tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 danmenggunakan unit analisis perusahaan energy, basic materials dan consumer noncyclical yang terlisting di Bursa Efek Indonesia. Metode penentuan sampel dalampenelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakansebagai penguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa investasi hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadappengungkapan emisi karbon, sedangkan liputan media dan penjualan internasionaltidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon, sedangkankomite audit memoderasi pengaruh investasi hijau dan penjualan internasionalterhadap pengungkapan emisi karbon, dan komite audit tidak memoderasi pengaruhliputan media terhadap pengungkapan emisi karbon.
T This study aims to examine the effect of green investment, media exposure andinternational sales on disclosure of carbon emissions with the audit committee as amoderating variable. Green investment is measured by PROPPER ratings, mediaexposure and audit committees are measured by the dummy variable, internationalsales are measured by total international sales (PI), and disclosure of carbonemissions is measured by Carbon Emissions Disclosure (CED). Quantitativemethods are used in this study using secondary data. Researchers took data oncompanies from 2018 to 2021 and used energy company analysis units, basicmaterials and non-cyclical consumers listed on the Indonesia Stock Exchange. Themethod of determining the sample in this study using purposive sampling. Dataanalysis used as a hypothesis tester is multiple regression analysis. The results ofthis study indicate that green investment has a positive and significant effect ondisclosure of carbon emissions, while media exposure and international sales haveno significant effect on disclosure of carbon emissions, while the audit committeemoderates the effect of green investment and international sales on disclosure ofcarbon emissions, and the audit committee does not moderate the influence of mediaexposure on disclosure of carbon emissions.