DETAIL KOLEKSI

Pengaruh modal manusia hijau, modal relasional hijau, dan modal struktural hijau terhadap keunggulan kompetitif hijau dengan inovasi hijau sebagai variabel moderasi


Oleh : Elliza Putri Syaharani

Info Katalog

Nomor Panggil : 023001901004

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Etty M Nasser

Subyek : Environmental economics

Kata Kunci : green human capital, green relational capital, green structural capital, green competitive advantage

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_SAK_023001901004_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_SAK_023001901004_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_SAK_023001901004_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_SAK_023001901004_Bab-2-Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_SAK_023001901004_Bab-3-Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_SAK_023001901004_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_SAK_023001901004_Bab-5-Kesimpulan.pdf
8. 2023_TA_SAK_023001901004_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_SAK_023001901004_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan antara modalmanusia hijau, modal relasional hijau, dan modal struktural hijau terhadap keunggulankompetitif hijau serta hubungan antara modal manusia hijau, modal relasional hijau, danmodal struktural hijau terhadap keunggulan kompetitif hijau dengan inovasi hijau sebagaivariabel moderasi. Pengukuran variabel modal manusia hijau, modal relasional hijau,modal struktural hijau, keunggulan kompetitif hijau, dan inovasi hijau menggunakananalisis konten. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perusahaan yang tercatatdi Bursa Efek Indonesia yang menerbitkan Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutantahun 2021. Dengan menggunakan purposive sampling, didapatkan 525 perusahaan yangmenjadi sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linierberganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal manusia hijau tidakberpengaruh terhadap keunggulan kompetitif hijau, sementara modal relasional hijau danmodal struktural hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitifhijau. Variabel inovasi hijau (inovasi produk hijau dan inovasi proses hijau) mampumemperkuat pengaruh positif modal manusia hijau terhadap keunggulan kompetitif hijau,tetapi tidak mampu memperkuat pengaruh positif modal struktural hijau terhadapkeunggulan kompetitif hijau. Serta inovasi produk hijau mampu memperkuat pengaruhpositif modal relasional hijau terhadap keunggulan kompetitif hijau, tetapi inovasi proseshijau tidak mampu memperkuat pengaruh positif modal relasional hijau terhadapkeunggulan kompetitif hijau.

T This study aims to examine and analyze the relationship between green humancapital, green relational capital, and green structural capital on green competitiveadvantage and the relationship between green human capital, green relational capital, andgreen structural capital on green competitive advantage with green innovation as amoderating variable. . Measurement of green human capital, green relational capital, greenstructural capital, green competitive advantage, and green innovation variables usingcontent analysis. The population in this study are companies listed on the Indonesia StockExchange which issue Annual Reports and Sustainability Reports for 2021. Usingpurposive sampling, 525 companies were found as research samples. The analyticalmethod used is multiple linear analysis. The results showed that the variable green humancapital had no effect on green competitive advantage, while green relational capital andgreen structural capital had a positive and significant effect on green competitiveadvantage. Green innovation variables (green product innovation and green processinnovation) are able to strengthen the positive effect of green human capital on greencompetitive advantage, but are unable to strengthen the positive effect of green structuralcapital on green competitive advantage. And green product innovation is able tostrengthen the positive effect of green relational capital on green competitive advantage,but green process innovation is not able to strengthen the positive effect of green relationalcapital on green competitive advantage.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?