DETAIL KOLEKSI

Analisis kinerja waktu tambat kapal dan kapasitas car terminal pada Pelabuhan Patimban


Oleh : Reza Nur Muharam

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Suwandi Saputro

Pembimbing 2 : Fahmy Hermawan

Subyek : Port - Civil engineering

Kata Kunci : patimban port, ship mooring time performance, forecasting, time series.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TA_STS_051001600075_Halaman-Judul.pdf
2. 2016_TA_STS_051001600075_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2016_TA_STS_051001600075_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2016_TA_STS_051001600075_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2016_TA_STS_051001600075_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2016_TA_STS_051001600075_Bab-4_Analisis-Pembahasan.pdf
7. 2016_TA_STS_051001600075_Bab-5_Kesimpulan-dan-saran.pdf
8. 2016_TA_STS_051001600075_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2016_TA_STS_051001600075_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem tambat kapal, kinerja operasionalwaktu tambat kapal dan mengetahui apakah kapasitas car terminal dapat mencukupikebutuhannya. Penelitian ini dilakukan di Pelabuhan Patimban dan didukungdengan data dari Pelabuhan Tanjung Priok. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kuantitatif dan Teknik analisis forecasting time series,yang menggunakan software minitab 20. Hasil analisis menunjukan bahwa sistemtambat kapal pada car terminal di Pelabuhan Patimban saat ini masih menggunakanmetode manual dengan 1 regu yang terdiri dari 10 petugas yang membawa mobilkedalam kapal, sedangkan pada perhitungan kinerja operasional waktu tambatkapal, Pelabuhan Patimban mendapatkan kriteria yang baik dari segi WT, AT,EF:BT dan BOR pada tahun 2022. Selanjutnya, pada perhitungan forecastingkapasitas car terminal di Pelabuhan Patimban mendapatkan hasil dengan totalekspor dan impor pada tahun 2027 mencapai 1.237.797 CBU atau 172%peningkatan dari tahun 2021, maka diperlukan penambahan kapasitas car terminalagar dapat mencukupi kebutuhan ekspor dan impor di Pelabuhan Patimban.

T This study aims to determine the mooring system, the operational performance ofthe mooring time, and determine whether the capacity of the car terminal can meetits needs. This research was conducted at Patimban Port and supported by datafrom Tanjung Priok Port. The methods used in this study are quantitative methodsand time series forecasting analysis techniques, which use Minitab 20 software. Theresults of the analysis show that the ship mooring system at the car terminal atPatimban Port is currently still using the manual method with 1 team consisting of10 officers working carrying a car on board, while in calculating the operationalperformance of mooring time, Patimban Port gets good criteria in terms of WT, AT,EF: BT and BOR in 2022. Furthermore, in the calculation of car terminal capacityforecasting at Patimban Port, the results are total exports and imports in 2027reached 1,237,797 CBU or a 172% increase from 2021, it is necessary to increasethe capacity of the car terminal to meet the needs of exports and imports at thePatimban Port.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?