DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kecerdasan emosional : Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti


Oleh : Daniel Budi Santoso

Info Katalog

Nomor Panggil : 150 DAN h

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2006

Pembimbing 1 : Tritana Gondhoyoewono

Subyek : Emotional intelligence - Psychological aspects

Kata Kunci : achievement motivation, emotional intelligence,

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2006_TA_KG_04003038_Halaman-judul.pdf
2. 2006_TA_KG_04003038_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2006_TA_KG_04003038_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2006_TA_KG_04003038_Bab-2-Tinjauan-pustaka.pdf
5. 2006_TA_KG_04003038_Bab-3-Kerangka-konsep-dan-hipotesis.pdf
6. 2006_TA_KG_04003038_Bab-4-Metode-penelitian.pdf
7. 2006_TA_KG_04003038_Bab-5-Hasil-penelitian.pdf
8. 2006_TA_KG_04003038_Bab-6-Pembahasan.pdf
9. 2006_TA_KG_04003038_Bab-7-Kesimpulan-dan-saran.pdf
10. 2006_TA_KG_04003038_Daftar-pustaka.pdf
11. 2006_TA_KG_04003038_Lampiran.pdf

M Motivasi berprestasi adalah kemauan untulc bekerja keras di dalam menyelesaikan sesuatu dengan penuh keuletan agar menjadi unggul dan sukses. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan orang lain, memotivasi diri, dan mengelola emosi dengan baik. Motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional yang seimbang sangat penting untuk mendapatkan keselarasan dalam hidup. Penelitian dilakukan pada 153 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti menggunakan Skala Likert dan pengujian data dilakukan dengan seri program komputer SPSS12.0 melalui uji korelasi Pearson Product Moment. Kuisioner pertama disebarkan kepada 30 responden untulc dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan uji validitas motivasi berprestasi, dari 48 pernyataan didapatkan 39 pemyataan valid dengan kisaran antara 0,280-0,828 dan dari 40 pemyataan sikap kecerdasan emosional, didapatkan 31 pemyataan valid dengan nilai kisaran antara 0,274-0,619. Dari uji reliabilitas, didapatkan nilai alpha (a) = 0,912 untuk motivasiberprestasi dan (a) = 0,865 untulc kecerdasan emosional yang menunjukkan bahwa kuisioner tersebut tergolong handal. Uji analisa data dilakukan pada hasil kuisioner kedua dengan menggunakan uji korelasi Pearson pada 153 responden dengan 39 pemyataan sikap motivasi berprestasi dan 31 pemyataan sikap kecerdasan emosional. Berdasarkan uji tersebut temyata didapatkan hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional dengan nilai korelasi Pearson= 0,344.

A Achievement motivation is willingness for working hard to finish one or other by deep tough in order to become superior and success.. Emotional Intelligence is an ability to self identify and other emotion, also includes an ability to motivate and organize self emotion. Balances between achievement motivation and emotional intelligence are the key of success in life. This research was conducted to 153 students Faculty of Dentistry and Faculty of Medicine Trisakti University using Likert Scale and data testing by SPSS 12.0 computer series by Pearson Product Moment correlation test. The first questioner was spreaded to 30 respondens to test it's validity and reliability. Based on validity test, from 48 achievement motivation statement, there are 39 valid items with marks between 0,280-0,828, and from 40 emotional intelligence, there are 31 valid items with marks between 0,274-0,619. The reliability test acquired an alpha value (a) = 0,912 for achievement motivation and alpha value (a) = 0,865 for emotional intelligence. These values show that the questioner is reliable. Data analysis test was done to the result of second questioner using Pearson correlation test to 153 respondents which is includes 39 statement of achievement motivation and 31 statement of emotional intelligence. Based on those test, a positive relationship between achievement motivation and emotional intelligence is acquired, with Pearson correlation value= 0,344.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?