DETAIL KOLEKSI

Analisis kekuatan struktur jib crane tipe free standing menggunakan software berbasis metode elemen hingga


Oleh : Ahmad Fauzan Syafiq

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Soeharsono

Pembimbing 2 : Tono Sukarnoto

Subyek : Computer software industry

Kata Kunci : crane, analisys, finite element method, software based

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_STM_061001300022_Halaman-Judul.pdf -1
2. 2017_TA_STM_061001300022_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2017_TA_STM_061001300022_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2017_TA_STM_061001300022_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2017_TA_STM_061001300022_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2017_TA_STM_061001300022_Bab-4_Pengolahan-Data.pdf
7. 2017_TA_STM_061001300022_Bab-5_Penutup.pdf
8. 2017_TA_STM_061001300022_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2017_TA_STM_061001300022_Lampiran.pdf

C Crane adalah pesawat angkat yang digunakan sebagai alat pengangkat dan pemindah bahan. Crane biasanya digunakan dalam pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan dan lainnya. Crane yang akan di analisis penulis adalah jenis jib crane tipe free standing. Melakukan analisis kekuatan pada struktur jib crane merupakan suatu solusi agar terhindar dari kegagalan kerja sehingga struktur jib crane tetap dalam keadaan aman. Dalam proses analisis kekuatan Jib Crane dapat menggunakan software metode elemen hingga yang dapat menghitung lebih cepat dan akurat. Analisis ini bertujuan untuk membuat simulasi jib crane ketika diberikan pembebanan pada rel hoist. Crane ini akan diteliti dengan menggunakan software yang berbasis metode elemen hingga yang digunakan untuk perancangan dengan spesifikasi tinggi 2,5 m,tinggi angkat muatan 1,6 m,bentang lintasan hoist 1,3 m,dan batang dari jib menggunakan baja karbon pertama-tama untuk kondisi tanpa pembebanan diperoleh tegangan von-mises maksimum sebesar 120,13 MPa dan deformasi yang terjadi sebesar 1,02.104 m dan kondisi saat pembebanan 5000 N dengan pembebanan di 3 tempat berbeda di bentang lintas hoistnya.Pertama pada jarak 200 mm diperoleh tegangan von- mises maksimum sebesar 120,35 MPa dan deformasi yang terjadi sebesar 9,57 .1e m,Kedua pada jarak 700 mm diperoleh tegangan von- mises maksimum sebesar 150,98 MPa dan deformasi yang terjadi sebesar 28,23.104 m, dan Ketiga pada jarak 1200 mm diperoleh tegangan von-mises maksimum sebesar 181,29 MPa dan deformasi yang terjadi sebesar 46,64 10-6 m.Berdasarkan hasil simulasi dapat diambil kesimpulan bahwa struktur Jib Crane masih dalam batas aman. Hal ini dikarenakan kekuatan luluh material yang digunakan pada baja karbon (s50c) sebesar 375 MPa.

C Cranes are lifting equipment used as lifting and moving materials. Cranes are usually used in project work, port, workshop, industry, warehousing and others. The crane to be analyzed by the writer is jib crane type free standing. Analysis on the strength of the structure of jib crane is one of the solutions to avoid the failure work, so the structure of Jib crane is safe. In the process of analyzing of gantry crane, it can be used finite element method software, that can calculate more accurate and faster. This analysis aims to create a jib crane simulation when given loads on a rails hoist. This crane will be studied using software based on finite element method which is used for design with high specification 2.5 m, height of load of 1,6 m, hoist span of 1.3 m, and stem of jib using carbon steel first of all For unloading conditions obtained maximum von-mises velocity of 120.13 MPa and deformation occurred at 1.02.10-4 m and conditions at loading 5000 N with loading in 3 different places in hoistnya span crossing.First at a distance of 200 mm obtained voltage The maximum von- ates of 120.35 MPa and deformations occurring at 9.57.10-6 m, Secondly at a distance of 700 mm obtained a maximum von- mises voltage of 150.98 MPa and a deformation occurring of 28.23.10-4 m , And Third at a distance of 1200 mm obtained a maximum von- mises voltage of 181.29 MPa and a deformation of 46.64 .10-6 m. Based on the result of simulation, it can be summarized that the structure of jib crane was still safe. It was caused by yield strength of the material of steel carbon s50c which was 375 MPa.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?