DETAIL KOLEKSI

Perbedaan tingkat pengetahuan anak antara pendidikan kesehatan gigi menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi


Oleh : Novita Handayani

Info Katalog

Nomor Panggil : 617.601 NOV p

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Sri Lestari

Subyek : Dentistry;Public health

Kata Kunci : Dental Health Education (DHE), lecture, demonstration

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_KG_040001300137_Halaman-judul.pdf
2. 2017_TA_KG_040001300137_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-2-Tinjauan-pustaka.pdf
5. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-3-Kerangka-teori,-konsep,-dan-hipotesis.pdf
6. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-4-Metode-penelitian.pdf
7. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-5-Hasil-penelitian.pdf
8. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-6-Pembahasan.pdf
9. 2017_TA_KG_040001300137_Bab-7-Kesimpulan-dan-saran.pdf
10. 2017_TA_KG_040001300137_Daftar-pustaka.pdf
11. 2017_TA_KG_040001300137_Lampiran.pdf

P Pendidikan kesehatan Gigi (PKG) merupakan suatu kegiatan atau usaha untuk menyampaikan pesan kesehatan, dengan harapan dapat diperolehnya pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik sehingga deraj at kesehatan gigi pada anak dapat ditingkatkan. Pemilihan metode yang tepat dalam proses penyampaian materi sangat membantu pencapaian usaha meningkatkan pengetahuan anak. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut antara lain dengan metode ceramah dan demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat pengetahuan anak antara pemberian PKG dengan metode ceramah dan demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik komparatif. Jumlah subyek penelitian sebanyak 48 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian didapatkan sebelum PKG dengan laeiode ceramah sebanyak 75% responden memiliki pengetahuan dengan kategori baik, dan setelah PKG meningkat menjadi 95.8%. Sebelum PKG dengan metode demonstrasi 83.3% responden memiliki pengetahuan dengan kategori baik, dan setelah PKG dengan metode demonstrasi meningkat menjadi 100%. Hasil uji kruskal wallis didapatkan nilai p = 0.000 (<0.05) berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara PKG dengan metode ceramah dan metode demonstrasi. PKG dengan metode demonstrasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak.

D Dental Health Education (DHL) is one of the efforts to present the health education, that is performed to change the knowledge about health into a better one, so the degree of childrens’s dental health can be improved. The selection of appropriate methods in the process of delivering materials are useful in attaining an effort to develop children’s knowledge. There are a few methods that can be use to increase dental and oral health knowledge. The purpose of this research was to find the difference knowledge level in children between dental health and oral education using lectures and demonstration method. The type of research was eksperimental. The subjects of the research were 48 people. Data were analyzed using Kruskal Wallis test. The result showed that before the lecture was given there were 75% respondents with good knowledge, and it increased to 95.8% after the lecture was given. Before the demonstration was given there were 35.3% respondents with good knowledge, and it increased to 100% after the demonstration was given. The result of kruskal wallis test showed that p = 0.000 (< 0.05). The conclusion showed that there was a difference on the knowledge level in children between lecture and demonstration method when the DHE was given. DHE with demonstration method was more effective to increase dental and oral health knowledge.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?