Hubungan kemampuan berkomunikasi dokter gigi terhadap loyalitas pasien : Kajian pada praktik pribadi dokter gigi di Kota Pelaihari, Kalimantan Selatan
K Komunikasi mempunyai peran besar dalam keberhasilan praktik seorang dokter gigi. Loyalitas pasien penting bagi seorang dokter gigi untuk meningkatkan profitabilitas dan untuk memahami kebutuhan yang di inginkan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kemampuan berkomunikasi dokter gigi terhadap loyalitas pasien pada praktik pribadi dokter gigi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan rancangan potong silang. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 pasien yang berobat di praktik pribadi dokter gigi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji valditas dan reliabilitasnya dan analisis data untuk pengujian korelasi menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berkomunikasi dokter gigi terhadap loyalitas pasien dengan nilai correlation coefficient (r) sebesar 0,7. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi dokter gigi yang efektif akan mempengaruhi loyalitas pasien.
C Communication held a very important role in the success of a dentist’s work. Patient loyalty is important for a dentist to increase profitability and to understand patient’s need. This research has been done to understand the correlation between dentist communication skills with patient loyalty in a private dentist practice. This research used a correlative analytic method with cross sectional study. This research used 51 patients that still under treatment in a private dental practice as samples. This research used questioner with Likert scale that has been validated for its reliability as research instrument and the data has been analyzed using Spearman Rank method to test the correlation. The result of this research is shows that there is a correlation between dentist communication skills with patient loyalty with 0.7 correlation coefficient (r) value. The conclusion of this research is that dentist effective communication skills could affect patient loyalty.