DETAIL KOLEKSI

Usulan perawatan main wheel-assy pesawat atr72-500/-600 pada PT. Batam Aero Technic

3.0


Oleh : Jhonatan

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Amal Witonohadi

Pembimbing 2 : Agung Sasongko

Subyek : Airplanes - Maintenance and repair

Kata Kunci : main wheel-assy, maintenance, preventive maintenance, age replacement, preventive maintenance policy


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2022_TA_STI_063001700077_Halaman-Judul.pdf 263.7
2. 2022_TA_STI_063001700077_Lembar-Pengesahan.pdf 153.15
3. 2022_TA_STI_063001700077_Bab-1_Pendahuluan.pdf 215.21
4. 2022_TA_STI_063001700077_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 311.6
5. 2022_TA_STI_063001700077_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 177.2
6. 2022_TA_STI_063001700077_Bab-4_Analisis-Hasil--dan-Pembahasan.pdf 1142.82
7. 2022_TA_STI_063001700077_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 112.67
8. 2022_TA_STI_063001700077_Daftar-Pustaka.pdf 173.96
9. 2022_TA_STI_063001700077_Lampiran.pdf 172.09

T Transportasi udara pada zaman modern kini telah berkembang pesat dikarenakan permintaan layanan dari masyarakat. Perawatan terhadap setiap pesawat yang dimiliki sehingga tidak terjadi kegagalan yang diinginkan sehingga berdampak pada pengeluaran biaya berlebihan hingga rusaknya citra perusahaan. PT. Batam Aero Technic merupakan perusahan industry jasa perawatan MRO (Maintenance, Repair, Operation) yang telah bersertifikat nasional serta internasional dimana proses pemeliharaan pada pesawat dan komponennya dilaksanakan dengan memenuhi standar yang telah dicapai. Penemuan masalah pada perusahaan ini ditemukan pada jumlah kerusakan komponen Main Wheel-Assy khususnya pesawat ATR72-500/-600 dimana kerusakan mencapai nilai sebesar 20,08%. Penelitian ini bertujuan dalam memberikan usulan pemeliharaan dengan preventive maintenance menggunakan metode age replacement yang ditindaklanjuti pada perhitungan preventive maintenance policy dan repair maintenance policy untuk memberikan biaya pengeluaran terhadap proses pemeliharaan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari mengidentifikasi komponen-komponen kritis pada sebuah Main Wheel-Assy menggunakan diagram pareto. Perhitungan index of fit bertujuan dalam menentukan penggunakan distribusi terpilih dari tiap komponen main landing gear dan dilanjutkan dengan goodness of fit untuk mengetahui bahwa suatu distribusi terpilih sudah mewakili sejumlah kerusakan yang terjadi. Maximum likelihood estimator bertujuan dalam menghitung nilai rata-rata kegagalan pada setiap komponen kritis. Tahap selanjutnya melakukan perhitungan age replacement yang bertujuan dalam menentukan waktu optimal pergantian komponen pada main landing gear. Akumulasi biaya pemeliharaan menggunakan preventive maintenance policy dan repair maintenance policy bertujuan dalam mengetahui biaya pemeliharaan yang telah dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini yakni berupa waktu optimal pergantian komponen yang dapat dibuat dalam bentuk jadwal dan nilai biaya pemeliharaan yang dikeluarkan selama melaksanakan perawatan. Peneliti mengusulkan perbaikan pada component maintenance job card berupa job card berisikan komponen-komponen penyusun pada main landing gear yang diisi saat melakukan proses visual inspection guna mempermudah personel/mechanic dalam mengetahui kondisi komponen-komponen pada sebuah main landing gear

M Modern flight transportation has grown rapidly due to high demand of flight services from consumer. Aircraft maintenances act as an important key role in maintaining every airplane that company owned for preventing undesired failures that impact directly on excessice costs and company’s image. PT. Batam Aero Technic is an MRO (Maintenance, Repair, Operation) service company that has been certified national and international flight standards for every aircraft maintenance process. The main problem was amount damage with value 20.08% damage in main landing gear-aircraft of ATR72-500/-600 aircraft. The study aims to provide a maintenance design with preventive maintenance using age replacement method, maintenance cost using preventive maintenance policy and repair maintenance policy. The research process start from identifying critical components of Main Wheel-Assy using pareto chart. Index of fit formulation aims to determined the selected distribution from each critical component. Next step, goodness of fit used for validation the represent chosen distribution that included number of damages occurred. Maximum likelihood estimator formula provide an average of failure from components. In order to find an optimal time for component replacement, age replacement used for calculating each of components maximum usage. Preventive maintenance policy and repair policies aim for providing a maintenance cost of a Main Wheel-Assy. The researcher also proposed improvement in component maintenance job which is filled in during visual inspection process in order to make it easer for personnel/mechanics to determine the condition of each components.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?