DETAIL KOLEKSI

Perbaikan usability aplikasi flip dengan menggunakan teknik iso 9241-11 dan use questionnaire


Oleh : Amelia Ayunita

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Sucipto Adisuwiryo

Pembimbing 2 : Arnes Faradilla

Subyek : Web site development;User interfaces (Computer systems)

Kata Kunci : usability testing, use questionnaire, financial technology, flip.id


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2021_TA_STI_063001700050_Halaman-Judul.pdf 352.25
2. 2021_TA_STI_063001700050_Lembar-Pengesahan.pdf 611.42
3. 2021_TA_STI_063001700050_Bab-1_Pendahuluan.pdf 1244.96
4. 2021_TA_STI_063001700050_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 338.74
5. 2021_TA_STI_063001700050_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 373.82
6. 2021_TA_STI_063001700050_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf 2814.32
7. 2021_TA_STI_063001700050_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 156.93
8. 2021_TA_STI_063001700050_Daftar-Pustaka.pdf 196.19
9. 2021_TA_STI_063001700050_Lampiran.pdf 249.31

F Flip.id merupakan salah satu aplikasi transfer dana antarbank gratis yang dapatdiunduh pada sistem operasi berbasis Android dan IOS. Berdasarkan hasil studi danwawancara pendahuluan kepada 4 orang pengguna aplikasi, didapati kesulitankesulitanyang dialami oleh pengguna yaitu kesulitan pada tahap-tahap melakukantransfer antarbank, kebingungan cara kerja aplikasi, dan merasa kurang puas ataskinerja aplikasi karena kesulitan-kesulitan yang pengguna alami. Oleh karena itu,perlu adanya evaluasi tentang penggunaan aplikasi Flip. Tujuan penelitian ini untukmemberikan usulan perbaikan desain interface guna meningkakan tingkat usabilityterhadap aplikasi Flip. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metodeusability testing dan USE Questionnaire. Usability testing adalah metode yangdigunakan untuk mengevaluasi sistem atau produk yang proses pengujiannyalangsung diuji pada perwakilan pengguna sedangkan Usefulness, Satisfaction, Easeof use (USE) Questionnaire adalah kuesioner yang digunakan untuk membantupengukuran usability dan terdapat 4 parameter di dalamnya. Sampel pada penelitianini adalah 5 orang pengguna Terampil dan 5 orang pengguna Pemula dalammenggunakan aplikasi. Tahapan pengukuran pada metode usability testing yaitudengan memberikan kuesioner, melihat jumlah kesalahan, mengamati lama waktuyang dibutuhkan oleh pengguna untuk menyelesaikan task yang diberikan, danmengukur tingkat kepuasan pengguna menggunakan USE Questionnaire. Hasildari penelitian ini ditemukan permasalahan yaitu masih terdapat banyak error yangdilakukan responden, tidak adanya petunjuk untuk melakukan transfer dalam fiturKirim Uang Gratis, keliru antara bank tujuan transfer dan bank tujuan pembayaran,dan daftar bank tujuan transfer tidak disusun secara alfabetis. Perbaikan yangdilakukan yaitu memberikan infografis mengenai alur transfer, instruksi untukmelakukan transfer, dan menyusun daftar bank tujuan transfer secara alfabetis.Setelah dilakukan perbaikan pada desain interface aplikasi, aspek usefulnesssebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,26 menjadi 5,93 mengalami peningkatansebesar 81,90%, aspek ease of use sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,23menjadi 6,25 mengalami peningkatan sebesar 93,50%, aspek ease of learningsebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,2 menjadi 6,3 mengalami peningkatansebesar 96,88%, dan aspek satisfaction sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata3,16 menjadi 6,21 mengalami peningkatan sebesar 96,52%.

F Flip.id is one of the free interbank fund transfer applications that can bedownloaded on android and iOS-based operating systems. Based on the results ofresearch and initial interviews to 4 application users, it was found that thedifficulties experienced by users were difficulties at the interbank transfer stage,confusion about how the application works, and dissatisfaction with theperformance of the application because of the difficulties experienced by users.Therefore, there needs to be an evaluation about the use of flip applications. Thepurpose of the study was to provide proposed interface design improvements toimprove the usability rate of flip applications. The methods used in this study areusability testing methods and USE Questionnaire. Usability testing is a methodused to evaluate a system or product whose testing process is directly tested on auser representative while Usability, Satisfaction, Ease of Use (USE Questionnaire)is a questionnaire used to help measure usability and there are 4 parameters in it.The sample in this study was 5 Skilled users and 5 Beginner users in using the app.The measurement stage in the usability testing method is to provide a questionnaire,look at the number of errors, observe the length of time it takes the user to completea given task, and measure the level of user satisfaction using the USEQuestionnaire. The results of this study found that there were still many mistakesmade by respondents, the absence of instructions to make transfers in the Send FreeMoney feature, errors between bank transfer destinations and bank paymentdestinations, and the list of bank transfer objectives were not arrangedalphabetically. Improvements provide infographics on transfer flows, instructionsfor making transfers, and compiling alphabetical lists of bank transfer objectives.After improvements in the design of the application interface, the aspect of usabilitybefore improvement with an average value of 3.26 to 5.93 increased by 81.90%, theease of use aspect before improvement with an average value of 3.23 to 6.25increased by 93.50%, the ease of learning aspect before improvement with anaverage value of 3.2 to 6.3 increased by 96.88%, and the satisfaction aspect beforethe repair with an average value of 3.16 to 6.21 increased by 96.52%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?