DETAIL KOLEKSI

Analisis pergerakan kargo udara pada terminal Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali


Oleh : Kartika Chika Apsari Widya Kirana

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Dewi Rintawati

Subyek : Cargo handling

Kata Kunci : trend, air cargo, cargo terminal capacity, Ngurah Rai


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2021_TA_STS_051001600099_Halaman-Judul.pdf 1475.91
2. 2021_TA_STS_051001600099_Lembar-Pengesahan.pdf 786.17
3. 2021_TA_STS_051001600099_Bab-1_Pendahuluan.pdf 806.79
4. 2021_TA_STS_051001600099_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 2049.75
5. 2021_TA_STS_051001600099_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf 1485.33
6. 2021_TA_STS_051001600099_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 2375.4
7. 2021_TA_STS_051001600099_Bab-5_Kesimpulan.pdf 695.38
8. 2021_TA_STS_051001600099_Daftar-Pustaka.pdf 691.29
9. 2021_TA_STS_051001600099_Lampiran.pdf 846

K Kargo udara memiliki arti barang yang dikirim atau diperdagangkan gunamemenuhi kebutuhan yang dilengkapi dengan dokumen pengangkutan berupa suratmuatan udara dalam prosedur pengangkutan. Terminal kargo Bandar UdaraInternasional Ngurah Rai termasuk dalam kategori bandara dengan aktivitas kargoyang cukup padat berdasarkan jumlah penerbangan. Penelitian bertujuan untukmenganalisis trend pergerakan kargo udara dari 2016-2019 dan adanya pandemiccovid 19 pada awal tahun 2020 dengan memprediksi permintaan pada 5 tahunmendatang yaitu tahun 2025 serta menganalisis prosedur pelayanan kargo yang ada.Peneliti memperoleh data dari PT. Angkasa Pura I berupa volume pergerakan kargoselama lima tahun terakhir yang nantinya akan diolah menggunakan metodeanalisis regresi linier berganda untuk memprediksi kapasitas kebutuhan mendatang.Hasil penelitian menunjukkan hubungan keterkaitan pergerakan volume kargomemiliki hubungan erat dengan laju pertumbuhan penduduk dengan faktor korelasisebesar 0,919. Dari hasil analisis trend pergerakan kargo domestik mengalamikenaikan di tahun 2018 sebesar 8,85% dan kenaikan tertinggi di tahun 2019 untukkargo internasional, sedangkan pada tahun 2020 volume kargo keduanyamengalami penurunan akibat pandemic di awal tahun serta keterbatasanpenerbangan yang masuk karena adanya pembatasan kegiatan yang dilakukan olehpemerintah. Hasil perhitungan kapasitas terminal kargo domestik tidak memenuhistandar luasan ideal sampai dengan tahun mendatang maka perlu dilakukanpengembangan terkait luasan terminal kargo saat ini. Berdasarkan evaluasiprosedur pelayanan kargo menghasilkan bahwa standar operasional dan fasilitasyang dimiliki terminal kargo tersebut masih memenuhi standar yang mengacu padaSNI 03-7047-2004 dan Peraturan dirjen perhubungan SKEP 77-VI-2005 mengenaifasilitas operasional terminal kargo.

A Air Cargo has the meaning of goods sent or traded to meet the needs which areequipped with transportation documents (Air way bill) in the transportationprocedure. Ngurah Rai International Airport cargo terminal is category of airportswith quite dense cargo activity based on the number of flights. The study aims toanalyze the trend of air cargo movement from 2016-2019 and the COVID-19pandemic in early 2020 by predicting demand in the next 5 years, namely 2025 andanalyzing existing cargo service procedures. Researchers obtained data from PT.Angkasa Pura I in the form of cargo movement volume for the last five years whichwill later be processed using the multiple linear regression analysis method topredict future demand capacity. The results showed that the relationship betweenthe movement of cargo volume had a close relationship with the rate of populationgrowth with a correlation factor of 0.919. From the results of the analysis of thetrend of domestic cargo movements, there was an increase in 2018 by 8.85% andthe highest increase in 2019 for international cargo, while in 2020 the volume ofboth cargoes decreased due to the pandemic at the beginning of the year and thelimitations of incoming flights due to restrictions on activities. carried out by thegovernment. The results of the calculation of the capacity of the domestic cargoterminal do not meet the ideal area standard until next year, so it is necessary todevelop related to the current area of the cargo terminal. The evaluation of cargohandling procedure is accordance with Director General of Transportation SKEP77-VI-2005 regarding cargo terminal operational facilities and SNI 03-7047-2004about Airport Cargo Terminal.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?