DETAIL KOLEKSI

Perancangan multimedia wayang kulit sebagai media pembelajaran pendidikan karakter

5.0


Oleh : Fikri Amanda Abubakar

Info Katalog

Nomor Panggil : 001/DKV/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Wegig Murwononugroho

Pembimbing 2 : Tomyy Hari P

Subyek : Theaters - Designs and plans

Kata Kunci : learning media, wayang, designs and plans

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SDK_091301500019_Halaman-Judul-(2).pdf
2. 2021_TA_SDK_091301500019_Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-2-Landasan-Teori.pdf
5. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-4-Data-dan-Analisis.pdf
7. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-5-Perencanaan-dan-Perancangan-Visual.pdf
8. 2021_TA_SDK_091301500019_Bab-6-Kesimpulan.pdf
9. 2021_TA_SDK_091301500019_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2021_TA_SDK_091301500019_Lampiran.pdf

P Perancangan Multimedia Wayang Kulit Sebagai MediaPembelajaran Pendidikan Karakter. Karya Tulis Pengantar Tugas Akhir. JurusanMultimedia. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Seni Rupa danDesain. Universitas Trisakti.Dewasa ini, masyarakat Indonesia lebih mengenal budaya asing yangdianggap lebih modern dan lama-kelamaan masyarakat mulai meninggalkanbudaya bangsa sendiri karena dianggap sudah kuno. Salah satu contoh adalah saatini masyarakat, terutama generasi muda lebih gemar menonton film di bioskopatau pertunjukan teater daripada menonton pertunjukan tradisional seperti pentaswayang. Selain itu, generasi muda sekarang lebih tertarik untuk mempelajaribudaya-budaya asing seperti, tari modern (modern dance), alat musik band, danseni teater dari pada mempelajari tari tradisional, music gamelan, seni pertunjukanwayang, dan kebudayaan tradisional bangsa lainnya.Jenis metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metodekualitatif. Dalam Perancangan multimedia wayang kulit sebagai mediapembelajaran pendidikan karakter ini berisi tentang penjelasan sejarah, sifat, danwatak 5 tokoh wayang pandawa. Tahap pengumpulan data dan analisismerupakan tahap dimana penulis mengumpulkan data berupa informasi tentangsubjek penelitian yang kemudian di analisa untuk mendapatkan data yang sesuaidengan kebutuhan penelitian.Tujuan perancangan multimedia wayang kulitsebagai media pembelajaran pendidikan karakter adalah membuat mediapembelajaran dengan metode video interaktif yang menggabungkan animasi danvirtual reality pengenalan sifat-sifat karakteristik tokoh wayang yang menarik daninteraktif

D Design of Wayang Kulit Multimedia as a Learning Media for Character Education. Introductory Writing for Final Project. VisualCommunication Design Study Program. Faculty of Art and Design. TrisaktiUniversity.Nowadays, Indonesian people are more familiar with foreign cultureswhich are considered more modern and gradually people are starting to leave theirown nation's culture because it is considered ancient. One example is thatnowadays people, especially the younger generation, prefer to watch movies incinemas or theater performances rather than watching traditional performancessuch as wayang performances. In addition, the younger generation is now moreinterested in studying foreign cultures such as modern dance (modern dance),band musical instruments, and theater arts rather than studying traditional dance,gamelan music, wayang performing arts, and other traditional cultures of thenation.The type of research method used in this study is a qualitative method. Inthe design of multimedia wayang kulit as a learning media for charactereducation, it contains an explanation of the history, nature, and character of 5pandawa puppet figures. The data collection and analysis stage is the stage wherethe author collects data in the form of information about the research subjectwhich is then analyzed to obtain data that is in accordance with research needs.and virtual reality introduction of interesting and interactive characteristics ofwayang characters.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?