Peranan desain multimedia dalam perancangan video animasi kolase manual guideline DKI Jakarta
J Jakarta merupakan kota yang dinamis karena dinilai lebih maju dari daerah lainnya.Kedinamisan itu dapat dilihat dari fasilitas serta sarana dan prasarana yang terdapat didalamnya. Namun begitu, Jakarta juga menyimpan banyak nilai sejarah di dalamnyayang masih dapat dijumpai diberbagai titik. Sebagai ibu kota negara, DKI Jakartamenjadi daerah yang banyak dikunjungi dengan berbagai tujuan. Di tahun 2019, DinasPariwisata dan Kebudayaan mencatat sebanyak 20.165.000 masyarakat luar daerahmengunjungi kota Jakarta. Salah satu tujuan tersebut ialah untuk berekreasi danberpariwisata. Pariwisata merupakan kegiatan yang dapat menghilangkan kepenatan.Dengan kegiatan berpariwisata pula, ekonomi daerah dan negara dapat terbantu untuktergerak. Namun, sejak pandemi covid-19 melanda kegiatan pariwisata menjadi lesu.Akibatnya, banyak UMKM, perusahaan, serta pengelola swasta yang gulung tikarakibat kerugian yang mereka alami. Diantaranya dengan membuat protokol kesehatan,membuat aturan-aturan tertentu hingga melakukan promosi dengan berbagai alternatif.Salah satu alternative yang bisa diberikan oleh bidang Desain Komunikasi Visualadalah dengan membuat media promosi. Media promosi memiliki banyak ragam.Diantaranya adalah dengan menggunakan video animasi kolase, yang memilikitampilan unik sehingga audiens yang melihatnya dapat mendapatkan informasitersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait dengan pembuatanvideo animasi kolase yang ditujukkan sebagai bentuk media promosi kota DKIJakarta
J Jakarta is a dynamic city because it is considered to be more advanced than otherregions. This dynamic can be seen from the facilities and infrastructure containedtherein. However, Jakarta also has a lot of historical value in it which can still be foundat various points. As the capital city of the country, DKI Jakarta is an area that is visited by many for various purposes. In 2019, the Tourism and Culture Office recorded20,165,000 people outside the region visiting the city of Jakarta. One of these goals isfor recreation and tourism. Tourism is an activity that can eliminate fatigue. Withtourism activities as well, regional and state economies can be helped to move.However, since the Covid-19 pandemic hit tourism activities have become sluggish. Asa result, many MSMEs, companies and private managers have gone out of businessdue to the losses they have experienced. Various efforts have been made by thegovernment to be able to maintain and revive tourism activities, especially in DKIJakarta. Among them by making health protocols, making certain rules to doingpromotions with various alternatives.One of the alternatives that can be provided by the field of Visual CommunicationDesign is to create promotional media. There are many kinds of promotional media. Among them is by using an animated collage video, which has a unique appearance so that the audience who sees it can get the information. This study aims to dig up information related to the making of animated collage videos which is intended as a form of promotional media for the city of DKI Jakarta