DETAIL KOLEKSI

Evaluasi kinerja dan analisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas park and ride

2.0


Oleh : Angga Fabrihada

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Bambang Endro Yuwno

Pembimbing 2 : Christina Sari

Subyek : Parking - Economic aspects

Kata Kunci : park and ride, MRT, user satisfaction level, important performance analysis, exponential regression


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2014_TA_STS_051001400011_Halaman-Judul.pdf 1483
2. 2014_TA_STS_051001400011_Lembar-Pengesahan.pdf 1202.75
3. 2014_TA_STS_051001400011_Bab-1_Pendahuluan.pdf 1390.59
4. 2014_TA_STS_051001400011_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 2124.34
5. 2014_TA_STS_051001400011_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 3529.55
6. 2014_TA_STS_051001400011_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 4714.72
7. 2014_TA_STS_051001400011_Bab-5_Kesimpulan.pdf 1351.39
8. 2014_TA_STS_051001400011_Daftar-Pustaka.pdf 1039.59
9. 2014_TA_STS_051001400011_Lampiran.pdf 2066.18

P Park and Ride Lebak Bulus merupakan fasilitas parkir yang terletak di Jalan Ciputat Raya No.14, Lebak Bulus, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Park and Ride ini baru diaktifkan pada bulan Maret 2019, Park and Ride diharapkan mampu menyediakan lahan yang nyaman serta luas untuk menampung kendaraan pribadi sehingga bisa menarik perhatian bagi para masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi sebelumnya kemudian beralih menggunakan Mass Rapid Transit (MRT). Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar persentase penumpang MRT yang menggunakan fasilitas Park and Ride dan menganalisa tingkat kepuasan pengguna Park and Ride, serta mengevaluasi kebutuhan parkir untuk beberapa bulan mendatang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Melalui metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Analisa Regresi Eksponensial. Hasil dari penelitian ini untuk persentase penumpang MRT yang menggunakan Park and Ride sebesar 65%. Kemudian untuk tingkat kepuasan pengguna Park and Ride diperoleh nilai rata – rata tingkat kesesuaian yang masih yaitu 89,30% dari skala 100%. Artinya kinerja pelayanan dan fasilitas di Park and Ride Lebak Bulus masih belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga belum memenuhi kepuasan pengguna Park and Ride. Hal ini dapat dilihat dari posisi atribut yang berada di kuadran A yang dinilai masih berada di bawah tingkat harapan. Untuk prediksi jumlah kendaraan Park and Ride beberapa bulan mendatang diperoleh hasil (sebelum Covid-19) jumlah mobil mengalami penurunan hingga 3% dan jumlah motor mengalami kenaikan hingga 2%, sedangkan hasil (selama Covid-19) jumlah mobil mengalami kenaikan hingga 65% dan jumlah motor mengalami penurunan hingga 11%.

P Park and Ride Lebak Bulus is a parking facility located at Jalan Ciputat Raya No.14, Lebak Bulus, South Jakarta, Special Capital Region of Jakarta. Park and Ride which activated March 2019, Park and Ride expected to provide comfortable and spacious land for use by private vehicles so it can attract attention people who using private vehicles then switch to using Mass Rapid Transit (MRT). This study aims to analyze the proportion of MRT passengers using Park and Ride facilities and analyze Park and Ride user satisfaction and parking needs for the next few months. Data collection was carried out using observation, questionnaires and documentation. Through the Importance Performance Analysis (IPA) method and Exponential Regression Analysis. The results is show that the proportion of MRT passengers who using Park and Ride is 65%. Then for the level of satisfaction of Park and Ride users had average value of the suitability level is still 89.30% from 100%. It means that performance of services and facilities at the Lebak Bulus Park and Ride is not as expected yet, so it does not meet the satisfaction of Park and Ride users. This can be seen from the ranking of attributes that are in quadrant A which can be seen from the level of expectation. For the prediction number of Park and Ride vehicles in the coming months, the results (before Covid-19) that the number of cars has decreased by 3% and the number has increased by up to 2%, while the results (during Covid-19) the number of cars has increased by up to 65% and the number motor has decreased by up to 11%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?