DETAIL KOLEKSI

Pemanfaatan energi pengereman regeneratif motor induksi 3 fasa 126 kw 74 hz mrt Jakarta

3.8


Oleh : Zulkifli Khoiru Zimam

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Chairul G. Irianto

Subyek : Electric motors, Induction - Braking

Kata Kunci : regenerative braking; braking; emergency power supply

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STE_062001800529_Halaman-Judul.pdf 9
2. 2020_TA_STE_062001800529_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2020_TA_STE_062001800529_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2020_TA_STE_062001800529_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STE_062001800529_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STE_062001800529_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STE_062001800529_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STE_062001800529_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2020_TA_STE_062001800529_Lampiran.pdf

M MRT Jakarta merupakan transportasi berbasis rel yang menggunakan catudaya listrik yang bersumber dari PLN. Pada saat catu daya utama dari PLN mati,operasional MRT Jakarta akan ikut mati. MRT Jakarta belum mempunyai suatusistem catu daya darurat yang digunakan untuk mendorong kereta menuju stasiunselanjutnya untuk keperluan evakuasi penumpang. Dengan adanya penelitian ini,dapat diketahui apakah dengan adanya bangkitan energi dari pengereman regeneratifdapat dimanfaatkan untuk disimpan ke dalam baterai untuk keperluan catu dayadarurat MRT Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode benchmark dimana penelitimengacu pada penelitian yang sudah dilakukan oleh Toshiba TESS (Traction EnergyStorage System).Toshiba TESS sudah mengaplikasikan sistem catu daya darurat dengan caramenyimpan energi bangkitan pengereman regeneratif yang disimpan ke dalam bateraidi gardu traksi. Dengan cara menghitung besarnya energi pengereman regeneratifyang dibangkitan pada kereta MRT Jakarta, maka akan diketahui apakah MRTJakarta dapat menggunakan teknologi yang digunakan oleh Toshiba TESS (memilikicatu daya darurat). Besarnya energi regeneratif yang dibangkitkan didapatkan darienergi kinetik kereta yang dirubah ke dalam bentuk energi listrik oleh motor traksi.

M MRT Jakarta is a rail-based transportation that uses supplieselectric power that comes from PLN. When the main power supply from PLN turns off,MRT Jakarta operations will also die. MRT Jakarta does not yet have oneemergency power supply system used to propel the train towards the stationfurthermore for the purpose of evacuating passengers. With this research,it can be seen whether with the energy generation from regenerative brakingcan be used to be stored in the battery for power supply purposesemergency MRT Jakarta. This study uses a benchmark method where researchersrefers to research that has been conducted by Toshiba TESS (Traction EnergyStorage System).Toshiba TESS has already applied the emergency power supply system in a waystores the regenerative braking energy stored in the batteryat the traction substation. By calculating the amount of regenerative braking energygenerated on the MRT Jakarta train, it will be known whether the MRTJakarta can use the technology used by Toshiba TESS (ownsemergency power supply). The amount of regenerative energy generated is obtained fromThe kinetic energy of the train is converted into electrical energy by the traction motor.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?