DETAIL KOLEKSI

Hubungan tingkat sosial, ekonomi dan pendidikan dengan paritas di Kecamatan Cikarang Pusat tahun 2013


Oleh : Yuse Rishna Kania Ramandhaty

Info Katalog

Nomor Panggil : 338.9/RAM/h

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Pembimbing 1 : Assangga Guyansyah

Subyek : Parity

Kata Kunci : parity, social, economic, education


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_TA_SKD_03011319_Halaman-Judul.pdf 1860.12
2. 2015_TA_SKD_03011319_Pengesahan.pdf 1308.44
3. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-1_Pendahuluan.pdf 301.45
4. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf 325.91
5. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf 268.42
6. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-4_Metode.pdf 346.67
7. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-5_Hasil.pdf 240.2
8. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-6_Pembahasan.pdf 279.72
9. 2015_TA_SKD_03011319_Bab-7_Kesimpulan.pdf 230.68
10. 2015_TA_SKD_03011319_Daftar-pustaka.pdf 273.98
11. 2015_TA_SKD_03011319_Lampiran.pdf 695.9

L LATAR BELAKANG Paritas atau banyaknya jumlah anak yang dilahirkan dari seorang wanita dapatmempengaruhi laju pertumbuhan penduduk dengan cepat. Banyak faktor yangmempengaruhi paritas, antara lain tingkat sosial, ekonomi, pendidikan, fertilitas,jumlah anak dan tingkat pengetahuan mengenai Keluarga Berencana (KB).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat sosial,ekonomi dan pendidikan dengan paritas. METODE Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain crosssectionalyang mengikutsertakan 245 wanita yang tinggal di Kecamatan CikarangPusat. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner yangmeliputi paritas, tingkat sosial, ekonomi dan pendidikan. Analisis data dilakukansecara univariat dan bivariat menggunakan SPSS for Windows versi 17.0 dantingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. HASIL Hasil uji koefisien kontingensi menunjukkan tidak terdapat hubungan yangbermakna antara tingkat sosial dan ekonomi dengan paritas dengan nilai (p =0,275) dan (p = 0,320). Namun terdapat hubungan yang bermakna antara tingkatpendidikan dengan paritas (p = 0,002), semakin tinggi tingkat pendidikan seorangwanita, maka akan semakin rendah paritasnya. KESIMPULAN Penelitian ini menunjukkan tidak terdapatnya hubungan yang bermakna antaratingkat sosial dan ekonomi dengan paritas. Sedangkan pada tingkat pendidikanditemukan hubungan yang bermakna dengan paritas.

B BACKGROUND Parity or Children Ever Born (CEB) from a woman can affect the rate ofpopulation growth quickly. Many factors affect the parity such as the level ofsocial, economic, education, fertility, the number of children and the level ofknowledge about family planning. The purpose of this study was to determine theassociation between the level of social, economic and education with parity. METHODS This research was an observational-analytic study with cross-sectional designwhich 245 women in Kecamatan Cikarang Pusat were included. Data wascollected by questionnaire-based interviews, covering parity, social, economic andeducation level. Univariate and bivariate analysis were performed using SPSS forWindows version 17.0 and level of significance was set at 0,05. RESULTS Contingency coefficient test analysis showed that social and economic levels haveno significant association with parity and the scores are (p = 0,275) and (p =0,320). But there is a significant association between education level with parity(p = 0,002), the more higher a woman’s education level was, the more paritywould become less. CONCLUSION This study revealed that social and economic levels are not associated with parity.But the education level is associated with parity significantly

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?