DETAIL KOLEKSI

Hubungan stres akademik dengan adiksi ponsel pintar pada siswa SMA di Surakarta


Oleh : Adhi Kusuma Winahyu

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1559

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Adi Priyana

Subyek : Stress (Psychology)

Kata Kunci : academic stress, smartphone addiction

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_SKD_03015005_Halaman-Judul.pdf
2. 2019_TA_SKD_03015005_Pengsahan.pdf
3. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 8
5. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf
6. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf
7. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf
8. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2019_TA_SKD_03015005_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2019_TA_SKD_03015005_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2019_TA_SKD_03015005_Lampiran.pdf

F Fungsi eksekutif memiliki peran dalam mendukung kemampuan belajar seseorang, Adapun salah satu dari berbagai hal yang dianggap dapat mempengaruhi fungsi eksekutif seseorang adalah tidur. Tapi kenyataannya kebanyakan mahasiswa kurang tidur (<7 jam). Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan stres akademik dengan adiksi ponsel pintar pada siswa SMA di Surakarta. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Surakarta secara Cross sectional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Surakarta yang dipilih secara simple random sampling sejumlah 205 orang. Pengukuran tingkat stres akademik menggunakan kuesioner DASS-42. Sedangkan pengukuran adiksi ponsel pintar menggunakan kuesioner SAS-SV. Analisa data untuk mencari hubungan stres akademik dengan adiksi ponsel pintar yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Uji Chi-Square dengan batas kemaknaan p<0,05. Berdasarkan hasil analisis dari 205 yang diteliti, 82 orang mengalami stres dan 123 orang tidak mengalami stres. Dari 82 orang yang stres, didapatkan 48 orang (54,5%) yang mengalami adiksi ponsel pintar dan 34 orang (29,1%) yang tidak mengalamiadiksi ponsel pintar. Sementara pada 123 orang yang tidak mengalami stres, 40 orang (45,5%) mengalami adiksi ponsel pintar dan 83 orang (70,9%) tidak mengalami adiksi ponsel pintar. Dari hubungan antara stres akademik dengan adiksi ponsel pintar didapatkan hasil nilai p = 0,000 (p<0,05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan adiksi ponsel pintar. Terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan stres adiksi ponsel pintar pada siswa SMA di Surakarta.

T The executive function has a role in supporting one's learning ability, As for one of the various things that is considered to affect one's executive function is sleep. But in fact most students lack sleep (<7 hours). This study aims to look at the relationship of academic stress with smartphone addiction in high school students in Surakarta. The study was conducted at SMAN 1 Surakarta by Cross sectional study. The sample of this study was students of class X and XI of SMAN 1 Surakarta, who were selected by simple random sampling totaling 205 people. Measurement of academic stress levels using the DASS-42 questionnaire. Whereas the measurement of smartphone addiction uses the SAS-SV questionnaire. Data analysis to find the relationship between academic stress and the addiction of smart phones used in this study was the Chi-Square Test with a significance limit of p <0.05. Based on the results of an analysis of 205 studied, 82 people experienced stress and 123 people did not experience stress. Of 82 stressed people, 48 people (54.5%) experienced smartphone addiction and 34 people (29.1%) who did not experience smartphone addiction. While in 123 people who did not experience stress, 40 people (45.5%) experienced addiction to smart phones and 83 people (70.9%) did not experience addiction of smart phones. From the relationship between academic stress and addiction of smart phones obtained p = 0,000 (p <0.05) so that it was concluded that is a significant between academic stress and smartphone addiction. There is a significant relationship between academic stress and the stress of smartphone addiction in high school students in Surakarta

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?