DETAIL KOLEKSI

Meningkatkan kepuasan retailer dan konsumen dengan evaluasi kualitas dan produktivitas proses logistik pada PT. Sepatu Bata Tbk.

5.0


Oleh : Srivisna Ayu Wardini

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Tiena G. Amran

Subyek : Material handling;Logistics - Quality control

Kata Kunci : retailer and consumer satisfaction, quality and productivity evaluations, logistics processes, PT. S

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TA_TI_06301257_Halaman-Judul.pdf
2. 2005_TA_TI_06301257_Bab-1.pdf
3. 2005_TA_TI_06301257_Bab-2.pdf
4. 2005_TA_TI_06301257_Bab-3.pdf
5. 2005_TA_TI_06301257_Bab-4.pdf
6. 2005_TA_TI_06301257_Bab-5.pdf
7. 2005_TA_TI_06301257_Bab-6.pdf
8. 2005_TA_TI_06301257_Bab-7.pdf
9. 2005_TA_TI_06301257_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2005_TA_TI_06301257_Lampiran.pdf

P PT. Sepatu Bata Tbk sebagai distributor sepatu telah menyadari pentingnya peran logistik dalam perusahaan. Dengan mempertimbangkan peran logistik, perusahaan mengharapkan untuk mempertahankan kepuasan pengecer dan pelanggan. Salah satu faktor keberhasilan dalam melaksanakan penjualan produk sepatu Bata, adalah dengan mendukung aspek logistik. Proses logistik adalah perencanaan, penerapan, pengendalian aliran, dan penyimpanan proses bahan baku, yang dilaksanakan secara efisien dan efektif pada tahap inventaris, barang jadi dan semua informasi terkait dari titik awal ke titik konsumsi dengan tujuan yang sama untuk kebutuhan pelanggan . Proses logistik pada PT. Sepatu Bata Tbk, masih merasakan kondisi yang tidak efisien pada PT. Sepatu Bata Tbk adalah penempatan produk yang tidak tepat, kurangnya tenaga kerja terampil dalam mengepak dan menandatangani kotak kontainer, yang menyebabkan keterlambatan pengiriman produk, dan kedatangan produk, keterlambatan penyimpanan produk ke dalam gudang, dll. Tidak efisiennya proses logistik dapat menyebabkan penurunan penjualan sepatu Bata.Oleh karena itu, masalah yang terjadi pada PT. Sepatu Bata Tbk belum menerapkan evaluasi terperinci dan akurat terhadap proses logistik yang diterapkan terhadap sepatu Bata dan belum menerapkan pengukuran tingkat kepuasan pengecer terhadap proses logistik yang telah dilaksanakan oleh PT. Sepatu Bata Tbk, dan juga belum menerapkan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan dan tingkat loyalitas terhadap produk. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur produktivitas dan kualitas proses logistik yang terdiri dari pergudangan, transportasi, pembelian dan divisi layanan pelanggan terhadap produk, dan juga untuk membandingkan tingkat kepuasan karyawan dan tingkat kepuasan pengecer terhadap proses logistik.Pengumpulan data kualitas proses logistik dan produktivitas dilaksanakan dengan mengumpulkan data perusahaan dan mengolah data dengan menggunakan metode penilaian kualitas dan produktivitas. Pengumpulan data atribut kuesioner untuk pengecer, pelanggan dan karyawan PT. Sepatu Bata Tbk diimplementasikan dengan menggunakan kuesioner pendahuluan. Aktivitas diukur dengan kuesioner pengiriman dan ketertiban yang baik. Setelah semua atribut dianggap valid dan dapat diandalkan, maka kuesioner penelitian dibagikan. Pemrosesan data kuesioner adalah implementP.d dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 11.0 yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, tab silang, dan peta analisis kuadran.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, tesis ini terdiri dari pengolahan data kualitas dan data proses logistik logistik, tingkat rata-rata tingkat kepuasan pengecer, perbandingan tingkat rata-rata .PT. Kepuasan karyawan Sepatu Bata Tbk, dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap proses logistik, tingkat rata-rata kepuasan dan loyalitas pelanggan. Contoh kesimpulan dari pemrosesan data proses logistik adalah urutan diproses tanpa kesalahan pada aktivitas penyimpanan dengan tingkat rata-rata 41,82% yang ditempatkan pada tingkat kinerja yang baik, dan untuk proses logistik contoh produktivitas contohnya adalah urutan yang diperiksa di bawah ini tingkat rata-rata produktivitas 2874.2238,dan untuk kinerjanya adalah pesanan aktual diperiksa per jam kerja dengan tingkat rata-rata 97,91% pada tingkat kinerja yang sangat baik. Contoh kesimpulan tentang tingkat kepuasan pengecer pada atribut pengiriman adalah ketepatan waktu pengiriman produk dengan tingkat rata-rata 3,82 (cukup memuaskan) dan pada atribut pesanan adalah ketersediaan produk dengan tingkat rata-rata 3,10 (cukup memuaskan). Dan untuk perbandingan misalnya tingkat ketepatan waktu pengiriman produk adalah 3,43 dan karyawan PT. Sepatu Bata Tbk adalah 3,58, dan untuk tingkat kepuasan pelanggan rata-rata adalah responden rata-rata akan membeli kembali produk Bata sebesar 2,96 (tidak loyal).

P PT. Sepatu Bata Tbk as a shoe distributor has realized the importance if the logistic role in the company . By considering the logistic role , the company is expecting to maintain the retailer's and customer's satisfaction. One of the success factors in implementing the sales of Bata shoes product , is by supporting the logistic aspect. Logistic process are planning , application , flow controlling and storing the raw material processes , which are implemented efficiently and effectively on the inventory stage , finished goods and all information are related from the starting point to the consumption point with the similar objective for the customer's needs. Logistic process on PT. Sepatu Bata Tbk , still perceived inefficient condition on PT. Sepatu Bata Tbk are the improper products placement , lack of skilled labor in packing and signing the container box, which causing a delay of product delivery, and product arrival , delay in the product storing into the warehouse , etc. The inefficient of the logistic process could cause the decreasing ofBata shoes sales.Therefore , the issue which occurred on PT. Sepatu Bata Tbk has not implemented a detailed and accurate evaluation towards the logistic process which was implemented towards Bata shoes and has not implement a measurement of the retailer's satisfaction rate towards the logistic process which has been implemented by PT. Sepatu Bata Tbk , and also has not implement the measurement of customer's satisfaction rate and loyalty rate towards the products. Therefore, the objec ive of this research is to measure the productivity and quality of the logistic process which consists the warehousing , transportation , purchasing and customer service division towards the prod tcts , and also to compare the employee's satisfaction rate and the retailer's satisfaction rate towards the logistic process.Data collecting of the logistic process quality and productivity were implemented by collecting data of the company and processing the data by using the quality and productivity me asurement method. Data collecting of the questionnaire attributes for the retailer, customer and employees ofPT. Sepatu Bata Tbk was implemented by using the introduction questionnaire. The activity was measured by the questionnaire is good delivery and order. After all of the attributes perceived valid and reliable , thus the research questionnaire was distributed. Questionnaire data processing was implementP.d by using the SPSS software 11.0 which consists the validity and reliability tests , cross tab, and quadrant analysis map.Therefore, it could be conclude that , this thesis consists the data processing of quality and productivity logistic process data , the average rate of retailer's satisfaction rate , the comparison of the average rate of .PT. Sepatu Bata Tbk employee's satisfaction , and retai ler's satisfaction rate towards the logistic process, the average rate of customer's satisfaction and loyalty. The conclusion instance of the logistic process data processing is the order processed with no error on the storing activity with an average rate of 41.82% which was placed on the good performance level , and for the logistic process productivity instance is the order checked which is below the productivity average rate of 2874.2238 ,and for the performance is the actual order checked per labor hour with an average rate of 97.91% on the excellent performance level. The conclusion instance about the retailer's satisfaction rate on the delivery attribute is the punctuality of the product delivery with an average rate of 3.82 ( quite satisfy ) and on the order attribute is the product availability with an average rate of 3.10 ( quite satisfY ). And for the comparison instance of product delivery punctuality average rate is 3.43 and the employee's of PT. Sepatu Bata Tbk is 3.58 , and for the customer's satisfaction average rate is the average respondents will repurchase Bata products of2.96 (not loyal).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?