DETAIL KOLEKSI

Peran desain komunikasi visual perancangan buku cerita bergambar mengangkat tokoh inspiratif dari dongen cerita rakyat


Oleh : Anita Oktaviani

Info Katalog

Nomor Panggil : 0002/DKV/2019

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Adikara Rachman

Pembimbing 2 : Indralaksmi

Subyek : Story book - Design;Visual communication design

Kata Kunci : Nusantara folk tales, figure

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_DKV_091301500005_Halaman-judul.pdf
2. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-1.pdf 7
3. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_SDK_091301500005_Bab-6.pdf
8. 2019_TA_SDK_091301500005_Daftar-pustaka.pdf
9. 2019_TA_SDK_091301500005_Lampiran.pdf

M Mendongeng merupakan aktivitas yang pernah digemari masyarakat Indonesia. Saat ini budaya membaca dongeng cerita rakyat sudah tidak terlalu digemari masyarakat, hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi game mobile pada gadget mengakibatkan hilangnya esensi nilai pada cerita rakyat Nusantara pada anak-anak, usia 8 - 10 tahun dan menganggap cerita rakyat hanya sekedar cerita pengantar tidur. Perancangan dan produksi buku tentang karakter inspirasional dalam cerita dongeng cerita rakyat bertujuan sebagai media edukasi dalam membantu perkembangan karakter anak.Jenis metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif analitik, oleh sebab itu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: pengamatan atau observasi, kuisioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Buku ini dirancang untuk memberikan informasi dan edukasi kepada anak-anak usia 8 – 10 tahun tentang karakter inspiratif yang dapat ditemukan dalam cerita rakyat Nusantara dengan pendekatan cerita bergambar yang membahas tentang tokoh-tokoh inspirasional dari tokoh imajinatif yang ada dalam cerita rakyat Nusantara yang dipilih.

S Storytelling is an activity that has been favored by the people of Indonesia. Nowadays the culture of reading folklore stories is not very popular with society, this is due to the development of mobile game technology in gadgets resulting in the loss of the essence of value in Nusantara folklore to children, ages 8-10 years and consider folklore as just a bedtime story . The design and production of books on inspirational characters in folklore fairy tales aims as an educational medium to help develop children's character. The type of research method used in this study is descriptive qualitative analytical method. Data collection techniques in this study use a qualitative approach and are descriptive analytical, therefore the data collection techniques used are: observation or observation, questionnaires, interviews, and literature studies. This book is designed to provide information and education to children aged 8-10 years about inspirational characters that can be found in Nusantara folklore with a pictorial story approach that discusses inspirational figures from imaginative characters in selected Archipelago folklore.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?