DETAIL KOLEKSI

Usulan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi, targetting, dan positioning untuk sikat gigi merek Formula di PT. Ultra Prima Abadi

0.0


Oleh : Kristanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Dadang Surjasa

Subyek : Marketing - Management

Kata Kunci : marketing strategies, segmentation, targeting, positioning, toothbrushes, Formula brands, PT. Ultra

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2004_TA_TI_06399331_Halaman-Judul.pdf
2. 2004_TA_TI_06399331_Bab-1.pdf
3. 2004_TA_TI_06399331_Bab-2.pdf
4. 2004_TA_TI_06399331_Bab-3.pdf
5. 2004_TA_TI_06399331_Bab-4.pdf
6. 2004_TA_TI_06399331_Bab-5.pdf
7. 2004_TA_TI_06399331_Bab-6.pdf
8. 2004_TA_TI_06399331_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2004_TA_TI_06399331_Lampiran.pdf

S Sikat gigi merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan oleh_ setiap orang. Tetapi tidaklah mudah untuk memenangkan persaingan di dalam bisnis sikat gigi karena produk sikat gigi yang ada di pasaran tidaklah sedikit. Formula mernpakan salah satu merek sikat gigi yang dikenal di pasaran. Formula merupakan salah satu produk dari PT. Ultra Prima Abadi yang saat ini menjadi pemimpin pasar sikat gigi. Untuk itu PT. Ultra Prima Abadi perlu melakukan perumusan strategi pema saran yang tepat guna mempertahankan bahkan meningkatkan pangsa pasar. Maka tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian ini adalah untuk menentukan segmentation, targeting, positionin g dari perusahaan agar dapat dibuat usulan strategi pemasarannya.Penelitian dimulai dengan menyebarkan kuisioner pendahuluan yang dimaksudkan• untuk mengetahui atribut-atribut yang dianggap penting oleh responden. Setelah itudilanjutkan dengan pretes kuisioner pendahuluan . Pengumpulan data dilanjutkan dengan penyebaran kuisioner penelitian yang terdiri dari creening responden, identitas responden , perilaku konsumen , pertimbangan atribut dan penilaian merek. Kuisioner ini dibagikan kepada 100 orang responden yang disebar di wilayah Jakarta .Perhitungan dimulai dengan menghitung frekuensi dan persentase identitasresponden dan perilaku konsumen yang dilanjutkan dengan Crosstab yang digunakan untuk mengetahui hubungannya dengan masing-masing merek. Untuk pengelompokan responden digunakan K-Means Cluster, Analisa Diskriminan , dan Crosstab. Jumlah segmen yang terbentuk berdasar perhitungan K-Means Cluster dan Analisa Diskriminan adalah 3 segmen. Sedangkan segrnen yang paling poten sial bagi Fonnula adalah segmen 2 yang memiliki ciri-ciri mementingkan atribut desain, daya tahan, kelembutan bulu, wama, lokasi penjualan yang mudah ditemukan , dan promosi. U ntuk mengetahui peta posisi dan keunggulan Fonnula maka dibuat peta posisi dengan menggunakan Analisa Korespondensi. Dari peta posisi inilah kita mengetahui keunggulan sikat gigi Formula dibanding merek lainnya yang ternyata m emiliki keunggulan dalam atribut daya tahan, harga, lokasi penjualan , dan promosi .Berdasar hasil pengolahan data dan analisa maka usulan yang dapat diberikan bagi PT. U ltra Prima Abadi yang berhubungan dengan sikat gigi Formula adalah Fonnula barns lebih melakukan inovasi dalam hal desain sehingga dapat memposi sikan diri lebih kuat lagi di segmen 2, melakukan perbaikan dalam ha! kualitas bulu, memperbanyak pilihan wama dan memperbaiki dalam segi warna agar lebih menarik, strategi harga saat ini sudah cukup baik tetapi untuk jangka waktu panjang sebaiknya perusahaan lebih menekan harga jual untuk menghadapai serbuan produk luar, formula sudah baik dalam hal distribusi dengan mudah ditemukan di mana-rnana, tetapi ada baiknya fom1ula lebih gcncar lagi dalam hal distribusi, promosi sudah bagus, fonnula tetap harus meningkatkan lagi, terutama terhad ap Pepsodent yang rnulai gencar didukung posisinya sebagai pemimpin pasar pasta gigi .

T Toothbrush represent one ofrequirement which cannot be left by everyone. But it is not easy to win competition in this business of toothbrush, because market provide many kind of toothbrush. Fonnula is one of well known brand in the market. Formu la was produced by PT. Ultra Prima Abadi which is become market leader instead. However, PT. Ultra Prima Abadi need to do some formulation strategy of correct marketing to maintain even improve market share. The purpose of this research is to detennine segmentation, targeting, positioning from company in order to provide a proposal for marketing strategy.Research started by spreading the first questionnaire. Which intended to know the main attribute by respondent. Afterwards it is continued to do pre test the first questionnaire. Data collecting continued with spreading of questionnaire of this research which consist of respondent screening, respondent identity, consumer behavior, consideration of attribute and brand assessment. The questionnaire spread to only 100 respondent around Jakarta area.We calculated the frequency and percentage of responden t identity and consumerbehavior and continued by Using Crosstab to know their relationship between Brands . The respondent divide to many cluster by using K-Means Cluster, discriminant analyze, and Crosstab. The result of this test is three segment. While most potential segment for Formula is segment 2. In this segment Fonnula was more focused on attribute design, endurance, fur mildness, colors , market location is easy to find, and the promotion. To know position and excellence of Fonnula by using Correspondence Analysis. From this map of position we know the excellence Formula Toothbrnsh compared to other brand which is actually have their own excellence in endurance attribute, price, market location, and promotion.Based on result of analyze and data processing . The proposal which can be givenfor PT. Ultra Prima Abadi which deal with toothbrush of Formula. They have to be more_ innovative in such field like product design, so Fonnula can get stronger positioin is segment two. Redesign the fur quality, more colors , Pricing strategy for a long periode to maintain market share from other brand. formula have good distribution. It is easy to find Formula in every market, but in the future fonnula have to be more focus in distribution, promotion, formula remain improve again, especially to Pepsodent which is become market leader in toothpaste.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?