DETAIL KOLEKSI

Usulan sistem informasi administrasi penjualan dan persediaan menggunakan aplikasi web service pada Hofu Garment


Oleh : Lusiana Wanandi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2008

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Subyek : Management information systems;Office practice - Automation - Management;Office management;Garment manufacture

Kata Kunci : selling and inventory administration , information system, saving data

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2008_TA_TI_06304049_Halaman-Judul.pdf
2. 2008_TA_TI_06304049_Bab-1.pdf
3. 2008_TA_TI_06304049_Bab-2.pdf
4. 2008_TA_TI_06304049_Bab-3.pdf
5. 2008_TA_TI_06304049_Bab-4.pdf
6. 2008_TA_TI_06304049_Bab-5.pdf
7. 2008_TA_TI_06304049_Bab-6.pdf
8. 2008_TA_TI_06304049_Bab-7.pdf
9. 2008_TA_TI_06304049_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2008_TA_TI_06304049_Lampiran.pdf

H Hofu Garment merupakan sebuah perusahaan manufaktur skala menengah yang bergerak di bidang garmen atau produksi pakaian jadi, khususnya pakaian anak-anak. Kapasitas kerja pabrik perusahaan saat ini berkisar antara 150 hingga 200 lusin per hari . Perusahaan ini memiliki sebuah pabrik , kantor, dan pusat pemasaran yang berada di tiga lokasi yang berbeda. Pelanggan perusahaan yang pada umumnya adalah penjual eceran yang tidak hanya berasal dari wilayah Jakarta, namun juga dari luar kota dan luar negen .Sistem adminstrasi yang dimiliki oleh Hofu Garment saat ini masih sederhana,akan tetapi membutuhkan prosedur yang panj ang dan melibatkan banyak pihak. Beberapa data masih disimpan dengan menggunakan buku dan map yang jika dilihat dari segi keamanan memiliki resiko cukup tinggi, seperti halnya dalam sistem pencatatan keluar masuknya bahan baku dan barang jadi pada masing-masing gudang dan perhitungan jumlah stok masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kartu stok. Walaupun terdapat beberapa sistem administrasi yang sudah menggunakan komputer, namun informasi tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara merata oleh semua pihak karyawan yang membutuhkan. Hal ini dikarenakan pabrik (sekaligus gudang bahan baku), kantor (sekaligus gudang barang jadi), dan pusat pernasaran milik perusahaan terletak di tiga lokasi yang berbeda dan berjauhan.Penyebaran informasi yang kurang merata baik di antara karyawan maupunantara perusahaan dan pelanggan rnenyebabkan timbulnya beberapa masalah . Seperti contohnya keterlambatan pengiriman barang, ketidakakuratan perhitungan jumlah stok, salahnya penyarnpaian informasi, dan lain sebagainya . Oleh karena itu, diperlukan sebuah rancangan sistern informasi yang mampu mengatasi perrnasalahan yang teijadi di perusahaan . Sistern informasi yang dirancang akan rnenggunakan aplikasi web service , metode Object Modeling Technique (OMT) dengan notasi Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari Tahap Konseptualisasi , Analisa Sistern,dan Desain Sistem. Pengembangan sistern usulan ini akan menggunakan p ersonal homepage (PHP), sedangkan untuk databasenya rnenggunakan MySQL.Sistem informasi administrasi penjualan dan persediaan yang diusulkan memungkinkan penyebaran informasi antar kantor, pabrik , dan pusat pemasaran dapat dilaksanakan secara bersamaan , pengurangan tingkat resiko kehilangan data perusahaan , pengurangan biaya komunikasi yang biasa dilakukan untuk mendapatkan inforrnasi terkait proses administrasi perusahaan , dan pengaksesan informasi produk dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

H Hofu Garment is a middle scale manufacturing company specializing in garment or ready-wear clothes, especially in children 's clothes. Recently, the capacity of this company's factory is about 150 up to 200 dozens set of clothes per day. This company has a factory, an office, and a showroom which is located in three different places. Commonly, the company's customers are retailers that are not only coming from Jakarta but also from other cities and countries.Hofu Garment's nowadays administration system is still simple, but on the otherhand needs long procedures and involves many people . Some data are still saved by using books and folders that is not safe for the company itself, for instance, the recording system of the raw material and products in and out activity and the inventory calculation are still done manually using the inventory card. Even though some of the administration has been using computerized system, however the system's information can't be used equally by all of the staff needing that information . This problem is occurred because the company's factory, office, and showroom are located in three different areas.The spreading of information that is not equally received among the staff or between the company and the customers is causing some problems in the company , for example, the lateness of the products distribution to the customers, the less accuracy of the inventory calculation, the incorrectness in passing on the information , and so on.Hence, a design of information system that can solve this company's problems is needed. The design of this information system will use web service application, Object Modeling Technique (OMT) method with Unified Modeling Language (UML) notation which consists of conceptualization , System Analy zing, and System Designing . The proposal of the system development will use personal homepage (PHP), while the database will use MySQL.The system information for selling and inventory administration proposed will enable the company to spread the information among its office, factory, and showroom in the same time, decrease the risk level of losing some company 's important data, decrease the communication fee used to get some information related to the company's administration , and also enable the company 's customer to access company 's products information wherever , whenever.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?