Pengaruh perencanaan pajak pertumbuhan penjualan dan ROA terhadap manajemen laba pada perusahaan makanan dan minuman periode 2013-2017
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh perencanaan pajak, pertumbuhan penjualan, dan ROA terhadap Manajemen Laba. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013 - 2017. Variabel independen adalah perencanaan pajak, pertumbuhan penjualan, dan ROA sedangkan dependen nya adalah manajemen laba.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pajak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan ROA berpengaruh signifkan terhadap manajemen laba.
T This study aims to analyze and determine the effect of tax planning, sales growth, and ROA on Profit Management. The data used are secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange. This research was conducted on manufacturing companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange from 2013 - 2017. The independent variable is tax planning, sales growth, and ROA while the dependent is earnings management.The population in this study are food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Sampling is done by using purposive sampling method. The analysis technique in this research is multiple regression analysis.The results of this study are that tax planning has a significant effect on earnings management, sales growth has no significant effect on earnings management, and ROA has a significant effect on earnings management