DETAIL KOLEKSI

Penerapan teknologi augmented reality sebagai media promosi apartemen dengan metode markerless


Oleh : Ferry Lenurra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Dian Pratiwi

Subyek : Augmented reality;Mass media - Marketing

Kata Kunci : augmented reality, apartment, unity 3d, markerless


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2018_TA_STF_06410004_Halaman-Judul.pdf 581.05
2. 2018_TA_STF_06410004_Lembar-Pengesahan.pdf 434.89
3. 2018_TA_STF_06410004_Bab-1_Pendahuluan.pdf 345.93
4. 2018_TA_STF_06410004_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 1346.78
5. 2018_TA_STF_06410004_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 770.39
6. 2018_TA_STF_06410004_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 3609.57
7. 2018_TA_STF_06410004_Bab-5_Kesimpulan.pdf 303.27

T Teknologi grafika komputer membuat permintaan dalam cara penyajian informasi lebih interaktif, teknik visualisasi dua dimensi sudah kurang diminati oleh karena itu teknik visualisasi tiga dimensi menjadi sangat diminati pada saat ini. Maka dari itu membangun aplikasi tiga dimensi sangat membantu untuk melihat suatu objek secara virtual. Pada saat ini di Indonesia banyak perusahaan properti apartemen hanya menggunakan sebuah brosur dengan gambar dua dimensi bangunan apartemen dalam media promosi yang di nilai kurang menarik, maka dari itu penulis melakukan penelitian ini untuk membangun sebuah aplikasi tiga dimensi dengan teknologi augmented reality, yang nantinya dapat membantu dalam media promosi apartemen sehingga pembeli mendapatkan informasi tentang apartemen secara virtual dengan aplikasi ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknologi markerless, dimana teknologi ini tidak berupa barcode hitam putih seperti teknologi sebelumnya. Perancangan model tiga dimensi bangunan apartemen pada augmented reality menggunakan perangkat lunak unity3d, karena hasil gambar yang ditampilkan akan terlihat lebih realistis. Hasil dari pengembangan aplikasi augmented reality dengan metode markerless melalui proses pendeteksian pada brosur, akan dapat membantu dalam media promosi apartemen agar lebih menarik konsumen, sehingga konsumen dapat melihat sebuah objek lebih nyata dengan aplikasi augmented reality.

C Computer graphic technology creates demand in the presentation of the information more interactive at this time three dimension of visualization technique has been more interested than two dimension of visualization technique. Hence develop three dimension of application is helpful to see an object virtually. At this time, there are a lot of property companies apartment in Indonesia only use two dimension pictures brochure in media promotion which is not interesting, therefore the writer do this research to develop a three dimension with augmented reality technology, the writer hope it can help the media promotion of the apartment later on so the customer can get information about the apartment virtually through this application. In this research, the writer uses markerless technology in which this technology is not in the form of black and white barcode like the previous technology. The design of three dimension apartment building on the augmented reality using unity3d software since the result of the picture that is presented will be more realistic. The result of the development augmented reality application using markerless method through the brochure detection will be able to help media promotion apartment in order it will take customer’s interest as consequence the customer able to see an object more real using augmented reality application.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?