DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara brain gym dengan kemampuan konsentrasi pada siswa SMA

4.5


Oleh : Novelia Desi

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1363

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Elly Herwana

Subyek : Concentration factor - Relaxation

Kata Kunci : concentration, brain gym.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_KD_03014143_Halaman-judul.pdf
2. 2018_TA_KD_03014143_Bab-1-Pendahuluan.pdf
3. 2018_TA_KD_03014143_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf
4. 2018_TA_KD_03014143_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf
5. 2018_TA_KD_03014143_Bab-4-Metode.pdf
6. 2018_TA_KD_03014143_Bab-5-Hasil.pdf
7. 2018_TA_KD_03014143_Bab-6-Pembahasan.pdf
8. 2018_TA_KD_03014143_Bab-7-Kesimpulan.pdf
9. 2018_TA_KD_03014143_Daftar-pustaka.pdf
10. 2018_TA_KD_03014143_Lampiran.pdf

H Hubungan Antara Brain Gym dengan Kemampuan Konsentrasi pada Siswa SMALatar Belakang : Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang di nyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap sikap dan nilai, pengetahuan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kosentrasi siswa.Brain gym adalah serangkaian gerak sederhana yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara brain gym dengan kemampuan konsentrasi.Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah analitik eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi SMA di Jakarta.Subjek kemudian dilakukan randomisasi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.Pada kelompok perlakuan, subjek diminta untuk melakukan brain gym terlebih dahulu.Parameter penilaian kemampuan konsentrasi menggunakan kuisioner army alpha test.Hasil : Sejumlah 72 subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Distribusi pada kelompok kontrol terdapat 21 subjek (55,3%) dengan hasil yang cukup dari 38 subjek, dan sebanyak 17 subjek (44,7%) dengan hasil yang tinggi. Distribusi pada kelompok perlakuan 8 subjek (23,5%) dengan hasil yang cukup dari 34 subjek, dan sebanyak 26 subjek (76,5%) dengan hasil yang tinggi.Terdapat hubungan yang bermakna antara brain gym dengan kemampuan konsentrasi pada siswa SMA. (p = 0,006)Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna anatara brain gym dengan kemampuan konsentrasi pada siswa SMA

R Relationship between Brain Gym Exercise and Concentration Ability in Senior High School StudentsBackground:Concentration is a concentration of attention in the process of behavioral change stated in the form of mastery, use, and assessment of attitudes and values, knowledge. Many factors can influence concentration and many efforts can be made to improve students' concentration skills. Brain gym is a series of simple movements used to improve concentration skills. This study aims to assess the correlation between brain gym and concentration ability.Method: The research design used was experimental analytic. The subjects of this study were high school students in Jakarta. The subjects were then randomized into two groups: the treatment group and the control group. In the treatment group, subjects were asked to brain gym first. Parameters for assessing concentration ability using an army alpha test questionnaire.Results: A total of 72 subjects participated in this study. Distribution in the control group contained 21 subjects (55.3%) with sufficient results from 38 subjects and as many as 17 subjects (44.7%) with high results. Distribution in the treatment group 8 subjects (23.5%) with sufficient results from 34 subjects, and as many as 26 subjects (76.5%) with high results. There is a meaningful relationship between brain gym and concentration skills in high school students. (p = 0.006)Conclusion: There is significantRelationship between Brain Gym Exercise andconcentration ability in senior high school students

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?