DETAIL KOLEKSI

Hubungan antara penggunaan fidget spinner dengan kemampuan konsentrasi pada siswa SMA

1.0


Oleh : Bella Pratiwi

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1332

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Elly Herwana

Subyek : Student - Concentration;Games education

Kata Kunci : fidget spinner, concentration

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_KD_03014030_Halaman-judul.pdf
2. 2018_TA_KD_03014030_Bab-1-Pendahuluan.pdf
3. 2018_TA_KD_03014030_Bab-2-Tinjauan-literatur.pdf
4. 2018_TA_KD_03014030_Bab-3-Kerangka-konsep.pdf
5. 2018_TA_KD_03014030_Bab-4-Metode.pdf
6. 2018_TA_KD_03014030_Bab-5-Hasil.pdf
7. 2018_TA_KD_03014030_Bab-6-Pembahasan.pdf
8. 2018_TA_KD_03014030_Bab-7-Kesimpulan.pdf
9. 2018_TA_KD_03014030_Daftar-pustaka.pdf
10. 2018_TA_KD_03014030_Lampiran.pdf

K Konsentrasi adalah pemusatan pikiran pada suatu hal dengan cara menyampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan. Fidget Spinner adalahsebuah alat permainan tangan berbentuk baling-baling yang dianggap bisa mempengaruhi konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara penggunaan fidget spinner dengan kemampuan konsentrasi. Penelitian ini merupakan studi analitik eksperimental. Subjek penelitian adalah siswa/i SMA. Subjek penelitian yang sesuai kriteria inklusi dilakukan randomisasi dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kepada kelompok perlakuan subjek penelitian diminta melakukan tes konsentrasi dengan menggunakan fidget spinner dan kelompok kontrol hanya melakukan tes konsentrasi. Setelah dilakukan wash out selama dua hari, kedua kelompok dilakukan cross over untuk dipertukarkan kelompoknya. Penilaian konsentrasi menggunakan Army Alpha Test. Sejumlah 72 subjek penelitian yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Distribusi konsentrasi pada kelompok kontrol didapatkan 77,8% dengan nilai cukup dan 22,2% dengan nilai tinggi. Distribusi pada kelompok perlakuan didapatkan 48,6% dengan nilai cukup dan 51,4% dengan nilai tinggi. Terdapat hubungan antara penggunaan fidget spinner dengan kemampuan konsentrasi (p=0,000). Terdapat hubungan antara penggunaan fidget spinner dengan kemampuan konsentrasi.

C Concentration is a mind centralization on something by put aside the other useless thing. Fidget spinner is a spinning toy by hand. The purpose of this research is to know the relationship between using fidget spinner and concentration ability. This research is an experiment analytic study. The research subject are the students of Senior High School. The research subject who match with inclusion criteria divided by randomisasi to two parts, control group and treath group.Treath group doing concentration test and using fidget spinner. Control group just doing concentration test. After wash out for two days, groups crossed over and doing concentration test with same methods. Data were collected using Army Alpha Test. A total 72 subjects participated, distribution of students without using fidget spinner is 77,8% have moderate level and 22,2% have high level. after using fidget spinner 48,6% have moderate concentration level and 51,4% have high concentration level. Statistical result showed (p=0,000). There is a relationship between using fidget spinner and concentration ability

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?