Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kualitas audit terhadap manajemen laba dengan strategi organisasi sebagai variabel moderasi
T Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris Profitabilitas, Leverage, dan Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba dengan Strategi Organisasi sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam rentang tahun 2015-2017. Hasil penelitian membuktikan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kualitas audit memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Selanjutnya, variabel moderasi Strategi Organisasi memperlemah hubungan antara Profitabilitas terhadap Manajemen Laba. Namun, Strategi Organisasi tidak berhasil memoderasi hubungan antara Leverage terhadap Manajemen Laba. Strategi Organisasi juga tidak berhasil memoderasi hubungan antara Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba.
T The purpose of this research is to empirically The purpose of this study was to prove empirically the Profitability, Leverage, and Audit Quality on Earnings Management with Organizational Strategy as a moderating variable on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in the range of 2015-2017. The results of the study prove that profitability has a significant positive effect on earnings management. Leverage does not affect earnings management. Audit quality has a significant negative influence on earnings management. Furthermore, the Organizational Strategy moderation variable weakens the relationship between Profitability and Profit Management. However, the Organizational Strategy did not succeed in moderating the relationship between Leverage on Profit Management. The Organizational Strategy also failed to moderate the relationship between Audit Quality and Profit Management.