DETAIL KOLEKSI

Peranan desain komunikasi visual dalam pembuatan board game pararaton


Oleh : Muhammad Virza Dwiputra

Info Katalog

Nomor Panggil : 0005/DKV/2018

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Adikara

Pembimbing 2 : Indralaksmi

Subyek : Board game;History - Indonesia;Visual communication design

Kata Kunci : board game, Hindu’s Kingdoms, Kediri, Singasari, Majapahit, histories.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_SDK_09110210_Halaman-Judul.pdf
2. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-1.pdf
3. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_SDK_09110210_Bab-6.pdf
8. 2018_TA_SDK_09110210_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2018_TA_SDK_09110210_Lampiran.pdf

P Peran Desain Komunikasi Visual dalam Pembuatan Board Game Pararaton. Dengan adanya kekurangan minat membaca, Indonesia berada di ranking 60 dunia dalam hal ketertarikan minat membaca. Artinya banyak sekali penduduk Indonesia, khususnya anak-anak, yang mulai tidak tertarik pada kegiatan membaca, terutama dalam hal membaca buku sejarah Akibat dari hal tersebut, banyak sekali penyelewengan data tentang sejarah-sejarah Indonesia, khususnya adalah sejarah Kerajaan Hindu Jawa.Oleh sebab itu, Tugas Akhir ini dibuat dengan sebuah subjek board game sejarah Kerajaan Hindu Jawa, tujuannya adalah agar penduduk Indonesia, khususnya anak-anak, kembali berminat untuk mempelajari tentang sejarah Kerajaan Hindu Jawa. Meskipun begitu, penulishanya memfokuskan kepada tiga Kerajaan Hindu Jawa pada abad 12 hingga 15 Masehi (Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari, danKerajaan Majapahit), karena ketiga Kerajaan tersebutlah yang jangka waktunya masih berdekatan dengan era saat ini dan ketiga Kerajaan tersebutlah yang data sejarahnya paling banyak diselewengkan oleh oknum. Melihat dari hal itu penulis berinisiatif membuat board game yang bernama Pararaton, dimana bentuk permainannya bertemakan peperangan antar Kerajaan. Di lain hal, penulis pun membuat berbagai media promosi yang berkenaan dengan board game Pararaton tersebut, sehingga public lebih mengetahui lagi tentang adanya board game Pararaton ini dan sejarah yang berkaitan dengan tiga Kerajaan Hindu Jawa pada abad 12 hingga 15 Masehi (Kerajaan Kediri, KerajaanSingasari, dan KerajaanMajapahit).

T The Role Of Visual Communication Design In Making Of Pararaton Board Game.With a reduced of reading interest, Indonesia had in 60th in the world in terms of reading interest. That is means, it is so many Indonesia people, specially the children, who hasn’t an interest to reading activities, that specially for reading of Indonesian Histories. As a result, there are so many misuse of data of Indonesian histories, specially about Hindu’s Kingdoms in Java island. Because of that, this essay had made with a board game which been a subject and used the historical issues of Hindu’s Kingdoms in Java island, that author want to educating Indonesian people, specially the children, so that they were learn and remember about Hindu;s Kingdoms in Java island. Although that, author just focus to three Hindu’s Kingdoms in Java island at the era of 12th to 15th centuries (Kediri Kingdom, Singasari Kingdom, and Majapahit Kingdom), because that three Hindu’s Kingdoms which nearest to this era and had so many misused data by the perpetrator. As a result from that, author want to make a board game that named Pararaton, in a this games, player will play a Kingdoms wars scene. In the other things, author make some promotion media that related with the Pararaton board game, so that Indonesian people would knew about the Pararaton board game, and about three Hindu’s Kingdoms in Java island at the era of 12th to 15th centuries (Kediri Kingdom, Singasari Kingdom, and Majapahit Kingdom).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?