DETAIL KOLEKSI

Penerapan teknologi finansial pada aplikasi “jakone mobile” sebagai upaya Untuk menambah daya saing produk Bank Syariah (studi kasus Bank DKI Syariah kantor cabang pembantu Matraman)


Oleh : Puput Arimurti

Info Katalog

Nomor Panggil : 2018_TA_SY_028150059

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Dida Nurhaida

Subyek : Financial technology;Finance and Syariah Banking

Kata Kunci : financial technology, digital finance service, jakone mobile, sharia electronic money

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_SY_028150059_Halaman-Judul.pdf
2. 2018_TA_SY_028150059_Bab-1.pdf
3. 2018_TA_SY_028150059_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_SY_028150059_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_SY_028150059_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_SY_028150059_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_SY_028150059_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2018_TA_SY_028150059_Lampiran.pdf

U Untuk meningkatkan fee based income Bank DKI meluncurkan aplikasi JakOne pada bulan November 2017, yang merupakan salah satu penerapan teknologi finansial (fintech) di industri perbankan. Penulis tertarik untuk melalukan penelitian pada aplikasi tersebut karena ingin mengetahui implementasi dari teknologi finansial itu sendiri, ingin melihat bagaimana pengaruhnya terhadap jumlah nasabah dan ingin mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh Bank DKI Syariah Kantor Cabang Pembantu Matraman dalam mensosialisasikan aplikasi tersebut. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa JakOne Mobile merupakan teknologi finansial yang menggabungkan dompet elektronik (JakOne Pay) dan mobile banking untuk memudahkan transaksi perbankan, pembayaran dan pembelian di merchant dan biller yang bekerjasama dengan Bank DKI. Pengguna dapat membuka rekening tanpa harus datang ke kantor layanan bank. Sejak peluncurannya, jumlah nasabah mengalami peningkatan dari 45 orang pada bulan November 2017 menjadi 70 orang pada bulan Februari 2018. Adapun kendala dalam memasarkan JakOne Mobile yaitu kurangnya pengetahuan terhadap produk dan kegunaan dari setiap fitur layanan. Kekhawatiran akan cara bertransaksi yang aman, dan rendahnya kesadaran pengguna layanan untuk memberikan data pribadi.

T To increase the fee based income, DKI bank launching JakOne Application in November 2017, which the application of fintech in banking. The author interested to do the research about that application as wanted to know how the implementation, the impact, and the detention of marketing that might be faced by DKI Bank Sharia Branch Office Matraman. The methods which used on this research are literature review, observation, documentation and interview. Based on this research, JakOne Mobile is a finance technology which combine electronic wallet (JakOne Pay) and mobile banking to ease the transaction in banking. Payment and purchasing in merchant and biller who corporates with DKI Bank. The users be able to open account without having to come to the bank. Since the launching, number of customers is decreasing from 45 in November 2017 to 70 in February 2018. The detention of marketing on JakOne Mobile are lack of knowledge about the product, and the benefits. Also lack of user’s awarness to give the personal data.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?