Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing ipo di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2016
I Initial public offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaandaam rangka penawaran umum penjualan saham perdana. Saham-saham yang tercatatdi pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return.Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham di pasar perdana ketikamasuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktupenawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar sekunder.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yangmempengaruhi terjadinya underpricing IPO di Bursa Efek Indonesia untuk periode2009 – 2016. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampelsebanyak 95 perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisisregresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Faktor-faktor tersebut adalahfaktor risiko, ukuran perusahaan, komite audit, dan financial leverage.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hanya variabel financial leverageyang berpengaruh terhadap underpricing sementara variabel lain yaitu faktor risiko,ukuran perusahaan, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap underpricing.
I Initial public offering (IPO) is the term of company’s activity to sell stocks topublic in primary markets. Those primary market listed stocks are generally prefferedby investors since they give initial return. The initial return will indicate the occuranceof stocks underpricing when the stocks generally listed and traded in secondarymarket. Underpricing is a condition in which the stocks price at the time of initialoffering relatively lower than the price in secondary market.The purpose of this study was to analyze the factors that influence theoccurance of underpricing in Indonesia Stock Exchange for the periode 2009 – 2016.This research used purposive sampling method, and there were 95 selected samples.This research was carried out through the analysis of multiple linear regression witha 5% significance level. Those examined factors are risk factors, firm size, auditcommittee, and financial leverage.The results of this study conclude that only financial leverage variablesaffecting underpricing while other variables such as risk factors, firm size, and auditcommittee have no effect on underpricing.