DETAIL KOLEKSI

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kenyamanan Pasar Anyar di Kota Tangerang


Oleh : Putri Eka Wulan Christi

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Agus Budi

Pembimbing 2 : Mohammad Ali Topan

Subyek : Markets - Tangerang - Psychological aspects

Kata Kunci : market traditional, Tangerang, comfort level

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_ARS_05210038_Halaman-Judul.pdf
2. 2017_TA_ARS_05210038_Bab-1.pdf
3. 2017_TA_ARS_05210038_Bab-2.pdf
4. 2017_TA_ARS_05210038_Bab-3.pdf
5. 2017_TA_ARS_05210038_Bab-4.pdf
6. 2017_TA_ARS_05210038_Bab-5.pdf
7. 2017_TA_ARS_05210038_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2017_TA_ARS_05210038_Lampiran.pdf

P Pasar Anyar merupakan pasar tradisional terbesar yang berada di kota Tangerang. Pasar anyar memiliki luas 24.680 m2 dan berjumlah 3 lantai yang difungsikan sebagai kios dagang serta kantor pengelola pasar. Penurunan jumlah pengguna pasar baik dari segi pedagang maupun pengunjung cukup signifikan berdasarkan dari data PD Pasar kota Tangerang, sarana dagang aktif berjumlah 671 dari 1.596 pada lantai 1. sedangkan pada lantai 2 sarana dagang aktif berjumlah 117. metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kenyamanan dari beberapa faktor tersebut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa faktor aroma memiliki nilai terendah, diikuti oleh faktor penghawaan, keindahan, kebersihan, kerapihan, pencahayaan, kemudahan dan kelembaban. Penghawaan merupakan faktor dasar dari kenyamanan bangunan. Pengahwaan yang baik akan menghilangkan aroma yang tidak sedap. Aroma yang sedap dan penghawaaan yang sejuk dapat membuat pengguna pasar merasa nyaman, serta memiliki mood yang bagus untuk berbelanja dengan durasi yang cukup panjang.

A Anyar Market is the largest traditional market in Tangerang city. Market Anyar has an area of ​​24,680 m2 and amounting to 3 floors which functioned as a trade kiosk and market management office. The decrease of the number of market users both in terms of traders and visitors is quite significant based on the PD Market data of Tangerang city, the active trading facility amounted to 671 from 1,596 on the 1st floor. While on the 2nd floor of the active trading facility amounted to 117 method used to measure the comfort level of some of these factors. The results of the study indicate that the scent factor has the lowest value, followed by innate factors, beauty, cleanliness, tidiness, lighting, ease and humidity. Penghawaan is the basic factor of the comfort of the building. A good inspiration eliminates unpleasant odors. Delicious aroma and coolness can make market users feel comfortable, and have a good mood to shop for a long duration.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?