faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan,profitabilitas, likuiditas, leverage dan pengungkapan media terhadap pengungkapantanggung jawab sosial. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar diBursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011 – 2015 sebanyak 70 perusahaan denganmenggunakan metode purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian iniadalah ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, leverage dan pengungkapan media,sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah pengungkapan tanggung jawabsosial perusahaan. Data diperoleh melalui annual report masing-masing perusahaanyang telah terdaftar di Bursa efek Indonesia. Metode Statistik yang digunakan adalahanalisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan pengungkapan mediasecara signifikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial,sedangkan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas secara signifikan berpengaruhterhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.
T This study attempts to analyze influence the size of the company, profitability,liquidity,leverage and media disclosure againts disclosure social responsibility. Sampleuse is listed companies on indonesia stock exchange (bei) in 2011 – 2015 as many as 70the use of sampling purposive. Independent variable the research is the size of thecompany, profitability, liquidity, leverage, and media disclosure, while dependentvariable used is disclosure social responsibility. The annual report obtained throughmasing-masing companies registered in the Indonesia stock exchange. Statisticalmethods used analytics multiple linear regression with the help of software spss 22.The result of the research indicated that liquidity, leverage and media disclosuresignificantly will not affect disclosure social responsibility, while the size of thecompany, and profitability sifgnificantly influences disclosure social responsibility.