Pengaruh leverage,ukuran perusahaan, penghargaan, jenis industri, dan good corporategovernance terhadap islamic social reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index(JII)
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan, penghargaan, jenis industri dan good corporate governance terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Jakarta Islamic Index (JII). Leverage diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan diproksikan dengan jumlah asset, penghargaan diidentifikasi dengan jumlah penghargaan atas kinerja selama setahun, jenis Industri diukur dengan dummy yaitu manufaktur dan non-manufaktur, dan GCG diproksikan dengan dewan komisaris dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index selama periode tahun 2013-2015. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan total sampel sebanyak 52 perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis ini adalah SPSS 19. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, penghargaan, dan jenis industri berpengaruh positif terhadap pengungkapan pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sementara itu, leverage tidak berpengaruh negatif terhadap pengungkapan ISR dan good corporate governance (GCG) tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR.
T The aim of this study is to examine the effect of leverage, size, award, type of industry, and good corporate governance on the disclousure of Islamic Social Reporting (ISR) on Jakarta Islamic Index (JII). Leverage was proxied by Debt to Equity Ratio (DER), size was proxied by total asset, award is identified with number of awards for CSR performance for one year, type of industry is measured by dummy that is manufacturing and non-manufacturing, and GCG was proxied by the board of directors and audit committee. Population in this study are all companies that listed in Jakarta Islamic Index in 2013-2015. The Sampling method in this study is purposive sampling and the total number of samples were 52 research samples. The analytical tool used for testing this hypothesis is SPSS 19. The result showed that size, award, and type of industry significantly positive influence on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR). Meanwhile, leverage had no significantly negative and good corporate governance (GCG) had no significantly positive influence on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR).