DETAIL KOLEKSI

Perancangan pondok pesantren di Kudus dengan pendekatan arsitektur kontekstual


Oleh : Mufidatul Rosyiqoh

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Moh Ischak

Pembimbing 2 : Etty R.Kridarso

Subyek : Boarding school;Contextual architecture

Kata Kunci : Pondok Pesantren, Arsitektur Kontekstual

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TA_ARS_05212070_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2016_TA_ARS_05212070_Bab-1.pdf 7
3. 2016_TA_ARS_05212070_Bab-2.pdf
4. 2016_TA_ARS_05212070_Bab-3.pdf
5. 2016_TA_ARS_05212070_Bab-4.pdf
6. 2016_TA_ARS_05212070_Bab-5.pdf

P Pondok pesantren adalah salah satu jenis pendidikan islam yang diIndonesia yang bertujuan untuk mendalami ilmu agama islam dan mengamalkandalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan pentingnya moral dalamkehidupan bermasyarakat. Pondok pesantren didirikan oleh seorang kyaiSebagai figur sentral yang berdaulat menetapkan.Didalam pesantren mencakup beberapa pembelajaran, diantaranyamelalui pengkajian kitab kuning. Kitab kuning merupakan karya ulama islamterdahulu yang ditulis dengan menggunakan bahasa arab tanpa memakaiharokat {gundul), selain kitab kuning didalam pesantren juga ada pembelajaranAL-qur’an, hadits, fiqih, ushul fiqih, aqidah, akhlak/ tasawuf dan tata bahasa arab.Konteks perancangan pada bangunan pondok pesantren inimenggunakan pendekatan arsitektur kontekstual, pertimbangan ini dipilih karnakontekstual akan menciptakan rancangan bangunan yang tidak jauh berbedadari bangunan di daerah sekitarnya. Hal tersebut disebabkan oleh keterkaitanlokasi yang dipilih. Selain itu, kontekstual akan menimbulkan eksistensi dilihatdari kebiasaan atau budaya dalam pondok pesantren yang sederhana. Sehinggabangunan akan memiliki estetika yang menarik perhatian masyarakat.

B Boarding school is one type of Islamic education in Indonesia that aims to explorethe science and practice of Islamic religion in everyday life by emphasizing theimportance of morality in public life. Boarding school was founded by Kyai As asovereign central figure set.Boarding school has several studying methods, one of them is through theassessments of yellow book. Yellow Book is the work of Islamic scholars priorwritten using by the Arabic language without the used of harokat {bald), inaddition of it, in boarding schools is also learned about Al-Quran, Hadith, Fiqh,jurisprudence usul, faith, morals / sufism and Arabic grammar.The design context in this building is using contextual architecture approach, thisconsideration is chosen because it will creates a building that has not muchdifferent from the surrounding buildings. It is caused by a linkage of the selectedlocation. In addition, contextual would lead to the existence of a customs orcultural visits in boarding schools in its simple ways. So, the building will havethe aesthetics that attract public attention.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?