DETAIL KOLEKSI

Studi kelayakan bisnis servis mobil dan cuci mobil pada bengkel Gihon Car Service

0.0


Oleh : Albert Suherman

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Subyek : Production;Industrial management;Production engineering;Research methods;Business management;Business economics.

Kata Kunci : Business Feasibility Study, Market, marketing, engineering, operations, management, organization

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_TI_06304239_Judul.pdf
2. 2012_TA_TI_06304239_Abstrak.pdf
3. 2012_TA_TI_06304239_Daftar-isi.pdf
4. 2012_TA_TI_06304239_Bab1.pdf
5. 2012_TA_TI_06304239_Bab2.pdf
6. 2012_TA_TI_06304239_Bab3.pdf
7. 2012_TA_TI_06304239_Bab4.pdf
8. 2012_TA_TI_06304239_Bab5.pdf
9. 2012_TA_TI_06304239_Bab6.pdf
10. 2012_TA_TI_06304239_Daftar-pustaka.pdf
11. 2012_TA_TI_06304239_Lampiran.pdf

B Bengkel Gihon Car Service adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa yaitu servis dan cuci mobil dalam satu tempat. Kendala yang sedang dihadapi oleh Bengkel Gihon Car Service adalah menurunnya pelanggan yang datang, dikarenakan sering terjadi keluhan alas ketidaknyamanan konsumen yang disebabkan karena kegiatan servis dan cuci mobil akan saling mengganggu jika dilakukan pada saat yang bersamaan. Hal ini membuat pihak Bengkel Gihon Car Service harus memutuskan untuk memilih salah saw bidang jasa saja untuk dijalankan dengan mempertimbangkan kelayakan masing masing bidang jasa. Penentuan bidang usaha yang akan dipilih dengan menggunakan metode Studi Kelayakan Bisnis, dengan aspek-aspek yang dipertimbangkan antara lain, pemasaran, teknis dan operasional, manajemen dan organisasi, keuangan. Pada aspek pemasaran, produk yang disediakan pada servis mobil adalah ganti oli, servis berkala, isi ban dengan nitrogen, sporing, balancing, servis rem, dan servis AC. Sedangkan produk yang ditawarkan pada cuci mobil adalah cuci hidrolik, cuci full, cuci body + mesin, cuci body, cuci mobil box/bak. Pada strategi harga, harga yang telah ditetapkan itu berasal dari daftar harga penjualan saat ini di bengkel Gihon Car Service. Sedangkan untuk strategi tempat, tevpat bengkel yang saat ini sudah berdiri sudah tidak mungkin dipindahkan karena let3knya sudah cukup strategis dan sesuai dengan sasaran target konsumen. Pada strategi pronzosi, promosi yang akan dilakukan oleh bengkel Gihon Car Service dengan menggunakan media internet, brosur, spanduk promosi. Berhubungan dengan aspek .finansial, hasil yang didapat lebih balk adalah sebagai berikut : untuk Payback Period, jasra cuci mobil lebih cepat, yaitu 2 tahun 2 bulan. NPV untuk cuci mobil lebih tinggi, yrrz; Rp. 682,482,596.66, IRIS untuk cuci mobil lebih tinggi, yaitu 40.25 %, dan BEP terendah adalah pada cuci mobil yaitu Rp. 2,962,330.70. Sehingga pemilik Bengkel Gihon Car Service memilih cuci mobil yang akan dikembangkan.

G Gihon Car Service Workshop runs its business for car service and car wash in one place. Problem that is faced by Gihon Car Service Workshop is the reduction number of customers because a lot of complains about costumer's inconvenience when the activity of car service and car wash did at the same time. It makes the management of Gihon Car Service Workshop should decide to choose only one scope of business considering the feasibility of each business. Determination of the choosen business should use the feasibility study method with the aspect of marketing, technical and operational, management and organizational, financial. In aspect of marketing, products that provided by car service business are oil change, routine service, fill tires with nitrogen, sporing, balancing, brake service, AC service. While products provided by car wash business are hydraulic wash, full body wash, body + engine wash, body wash, truck wash. In pricing strategy, prices have been set by current list in Gihon Car Service Workshop. While in place strategy, place cannot be moved because the location is a strategic location and appropriate with goal of costumer's target. In promotion strategy, the promotion did by Gihon Car Service Workshop using media of internet, brochure, promotion banner. Related to he aspect offinancial, the good results are as follows : In Payback Period, car wash business has a faster term, which is, 2 years and 2 months. For NPV, car wash business has a higher value, which is IDR 682,482,596.66, for IRR in car wash) b4siness has higher value of percentage, which is 40.25 %, and for lower value of BE achieved by car wash business, which is IDR 2,962,330.70. Considering all the study, the management of Gihon Car Service Workshop choose car wash business to keep miming and to be continued.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?