DETAIL KOLEKSI

Perancangan lansekap Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Ciputat Tangerang


Oleh : Berli J.L.F.

Info Katalog

Nomor Panggil : 081.1174

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Jusna M. Amin

Pembimbing 2 : Titien Suryanti,

Subyek : Campus planning;Landscape design;Universities and colleges

Kata Kunci : landscape design, Syarif Hidayatullah State Islamic University

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_AL_08105003_Halaman-Judul.pdf
2. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-1.pdf
3. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-2.pdf
4. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-3.pdf
5. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-4.pdf
6. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-5.pdf
7. 2011_TA_SAL_08105003_Bab-6.pdf
8. 2011_TA_SAL_08105003_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2011_TA_SAL_08105003_Lampiran.pdf

J Judul laporan ini Perancangan Lansekap Taman Kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat-Tangerang Selatan penyusunannya dibawah bimbingan dosen Dr. Ir. Jusna J.A Amin, Dr. Ir. Titien Suryanti, MSi dan Ir. Haryadi Wijayanto, MT.Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah merupakanKampus Universitas Islam Negeri tertua di Indonesia yang terletak di Ciputat -Tangerang, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah merupakan kampus Islam yang bertujuan memberikan landasan moral terhadap pengembangan IPTEK dan melakuk:an pencerahan dalam pembinaan IMTAQ sehingga IPTEK dan IMTAQ sejalan serta mengembangkan riset penelitian baik yang bersifat kuantitatifmaupun kualitatif. Sarana penunjang yang ada di karnpus terdiri dari Masjid, perpustakaan pusast, auditorium dan rektorat. Letaknya berada di tengah kota dan dengan lingkungan pemukiman Ciputat Tangerang Selatan dan memiliki luas 7,2 Ha. Namun kondisi lahan yang ada belurn memiliki sarana ruang luar yang belum dirnanfaatkan secara fungsional sehingga perlu adanya upaya untuk memecahkan masalah melalui perencangan lansekap.Program kebutuhan ruang luar dan fasilitas didasarkan pada kebutuhan kegiatan pendidikan 'itu sendiri sesuai dengan kurikulum dan pertimbangan kondisi existing yang ada di sekitarnya. Alur dari sirkulasi masing-masing dapat dilihat berdasarkan jenis dan kegiatan yang dilakukan. Diagram yang telah dibuat,ditarik suatu hasil pengembangan yang didasari oleh fungsi masing-masing fasilitas yang direncanakan.Konsep dasar adalah transformasi geometris. Konsep tersebut didasarkan padakonsep dasar geometrical Islam yang memberikan perwujudan keteraturan. Konsep dasar mengacu pada terwujudnya suasana lingkungan pendidikan yang menyatu dengan ruang dan fungsi tiap bangunan serta mengarah pada kegiatan didiplin dan teratnr.Pembagian zona menurut fungsinya adalah salah satu langkah awalpenyelesaian rancangan. Tapak dibagi menjadi zona penerima, zona rektorat, zona akademik dan zona non akademik. Masing-masing zona memiliki karakter yang berbeda-beda. Perancangan lansekap didukung oleh gubahan ruang luar fungsional, jenis sirkulasi mendukung kegiatan sekitarnya, penataan tanaman sesuai fungsinya serta pemilihan bentuk sesuai konsep geometrikal Islam dan pemanfaatan utilitas ditentukan berdasarkan kebutuhan.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?