Desain interior taman kanak-kanak Internasional Meravig di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
D Dalam karya tulis ini membahas tentang latar belakang mengenai pentingnya pendidikan usia dini yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Membahas maksud dan tujuan untuk melakukan pengolahan ruangan di dalam sekolah taman kanak-kanak sesuai dengan prinsip-prinsup desain yang baik dan benar, menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pengguna terutama anakanak. Membahas permasalahan, mengindentifikasi masalah dan merumuskan masalah mengenai pengertian, jenis dan fungsi dari kelompok bermain dan taman kanak-kanak. Membahas tentang lingkup perencanaan interior pada area belajar pada sekolah taman kanak-kanak untuk para penguna, yaitu anak murid, guru, karyawan, orang tua atau wali murid dan tamu sekolah. Membahas tentang metode pengumpulan data literatur dan data dari lapangan dan wawancara. Pada tinjauan pustaka menjelaskan secara jelas tentang jenis dan fungsi dari sekolah taman kanak-kanak internasional. Pada data survey lapangan memaparkan tentang perbandingan hasil survey yang dilakukan pada sekolah taman kanak-kanak, dan menganalisa tentang pemecahan masalah yang ada di lapangan, serta mempertimbangkan aspek fisik dan aspek non-fisik. Pada konsep perencanaan interior memaparkan tentang tema Kid’s World, dengan citra playful, safety dan fun, dengan gaya modern. Memaparkan konsep bentuk yaitu bentuk yang tidak bersudut seperti bulat dan oval. Memaparkan konsep warna yaitu warna primer yaitu merah, biru dan kuning, warna sekunder yaitu orange, hijau dan ungu, serta warna yang netral seperti putih dan coklat. Memaparkan konsep elemen interior lantai, dinding dan ceiling yaitu bahan-bahan yang tidak berbahaya untuk keselamatan anak-anak, seperti bahan yang tidak mengandung racun. Memaparkan tentang teknik bangunan seperti pencahayaan, penghawaan dan keamanan. Memaparkan konsep furniture, yaitu furniture yang sesuai dengan ergonomi dan antropometri anak.
T This paper work discusses the background of the importance of early age education, which constitutes an effort of advancement aimed at helping the growth and development of children. This paper also discusses the purpose and objectives of conducting classroom management within kindergarten in accordance with the principles of good and appropriate design, provide facility that is appropriate with the need of users especially children. This discusses the problems, identifies the problems and formulates the problem of definition, type and function of play group and kindergarten. This also discusses the scope of interior planning in the studying area at kindergarten for users, namely students, teachers, employees, parents or students’ guardians and school guests. This discusses method of collection of literature data and field data and interviews. The bibliographical study clearly describes the types and functions of international kindergarten. Data from field survey describes the comparison of the result of survey conducted at kindergarten, and analyzes the solving of problems existing on site, and considers physical and non-physical aspects. The concept of interior planning explains about the theme of Kid’s World, with playful, safety and fun images, with modern style. It explains about the concept of form, namely shapes without angle such as round and oval. It explains about the concept of colors, namely primary colors, which are red, blue and yellow, secondary colors, which are orange, green and purple, as well as neutral color such as white and brown. It explains about the concept of the interior elements of floor, wall and ceiling, namely non-dangerous materials for children’s safety, such as material that does not contain toxin. It explains about the building engineering such as lighting, ventilation and security. It explains about the concept of furniture, that is, the furniture that is appropriate with the ergonomic and anthropometric of children