Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial
P Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam mengungkapkan tanggung jawab sosial. Faktor-faktor yang di indikasikan berpengaruh dalam pengungkapan tanggung jawab sosial adalah ukuran perusahaan, ROI, GCG, labour practices, dan customer satisfaction pada perusahaan agroindustri, mining , dan manufaktur selama tahun 2008-2010. Pengukuran tanggung jawab sosial perusahaan menggunakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial dengan menggunakan metode content analysis dari annual report perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan agroindustri, mining, dan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2008, 2009, dan 2010. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga di hasilkan sampel sebanyak 31 perusahaan. Alat analisa yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah analisa regresi berganda (multiple regression). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, ROI, GCG, labour practices, dan customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia. Penelitian yang akan datang disarankan untuk mengubah tolak ukur pada variabel GCG serta memperluas periode pengamatan dan menambah variabel.
T This research was conducted with the aim to obtain empirical evidence about what factors are affecting the company in social responsibility disclosure. These factors indicated have influence in disclosure are size of the company, ROI, GCG, labor practices, and customer satisfaction in agro-industry companies, mining, and manufacturing during the years 2008-2010. Measurement of corporate social responsibility disclosure uses an index of social responsibility by content analysis of the company’s annual report. The population of this study are agro-industry companies, mining, and manufacturing listed on the Stock Exchange in 2008, 2009, and 2010. Selection of the sample in this study carried out by using purposive sampling method, so that the generated sample of 31 companies. Analysis tool used to test the hypotheses is multiple regression analysis. The results of this study indicate that company size, ROI, GCG, labor practices, and customer satisfaction have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility in Indonesia. For future studies is recommended to change the benchmark in GCG variables as well as expand and add a variable period of observation.