DETAIL KOLEKSI

Prosedur pengeluaran kas bendahara untuk perjalanan dinas di Sekretariat Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan


Oleh : Anggi

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Wiyono

Subyek : Accounting information systems

Kata Kunci : cash expenditure procedures, business travel, general cash book

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_AK_023070148_6.pdf
2. 2012_TA_AK_023070148_5.pdf
3. 2012_TA_AK_023070148_4.pdf
4. 2012_TA_AK_023070148_3.pdf
5. 2012_TA_AK_023070148_2.pdf
6. 2012_TA_AK_023070148_1.pdf
7. 2012_TA_AK_023070148_7.pdf

L Laporan magang ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis prosedur pengeluaran kas bendahara untuk perjalanan dinas. Tulisan ini berisikan mengenai kegiatan magang yang dilakukan di Sekretariat Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen. Dalam pelaksanaan magang, kegiatan yang dilakukan penulis yaitu mengoreksi SPM dan SP2D, memposting uang persediaan dan uang langsung ke dalam Buku Kas Umum, melakukan rekonsiliasi ke KPPN, mencatat proses pengeluaran kas. Hal yang ditemui oleh penulis selama proses pemagangan yaitu keterlambatan memberikan bukti Surat Pertanggungjawaban kegiatan belanja khususnya tiket pesawat, boarding pass, hotel untuk perjalanan dinas sehingga keterlambatan tersebut sangat mempengaruhi penginputan dan penyusunan data. Kesimpulan dari laporan ini adalah sistem SOP (Standar Operation Procedure) yang saat ini diterapkan dalam melaksanakan kinerja instansi pemerintah dan program kerjanya tidaklah memberi jaminan sebagai tolak ukur dengan menilai efektivitas dan efisiensi, sesuai perundang-undangan. Sistem SOP bisa menjadi data pendukung dalam pengalokasian anggaran berbentuk TOR (Term of Reference) yang merupakan pengajuan prosedur pengeluaran kas untuk belanja barang, belanja pegawai, dan lainlain. Penulis menyarankan agar Sekretariat Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, khususnya bagian keuangan di subbagian perbendaharaan, untuk memberikan Surat Pertanggungjawaban kegiatan belanja tepat waktu sesuai dengan perintah bendahara, sehingga dapat mengurangi keterlambatan untuk penginputan dan penyusunan data.

I Internship report aims to determine how the analysis procedure treasurer cash expenditures for official travel. This paper consists of the activities carried out an internship at the Secretariat of the Directorate General of Standardization and Consumer Protection. In the implementation of apprenticeship, the author of the activities carried out to correct SPM and SP2D, post the money supply and money directly to the General Cash Book, reconcile to KPPN, record cash disbursements process. It is found by the author during the apprenticeship is the delay to give evidence Accountability Letter shopping activities particularly airline tickets, boarding passes, hotel for business trip, so the delay is affecting the inputting and data compilation. The conclusion of this report is a system of SOPs (Standard Operating Procedure) which is currently applied in carrying out the performance of government agencies and the work program does not provide assurance as a benchmark to assess the effectiveness and efficiency, according to the legislation. SOP system can be supportive data in the form of budget allocation TOR (Term of Reference) which is the filing procedures for the expenditure items of cash expenditure, personnel expenditure, and others. The author suggested that the Secretariat of the Directorate General of Standardization and Consumer Protection, especially the financial section in subsections treasury, to provide a Letter of Responsibility shopping activities in accordance with the orders on time treasurer, so as to reduce delays for inputting data and preparation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?