Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pemanfaatan teknologi informasi pada mahasiswa akuntansi
T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pemanfaatan teknologi informasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah self efficacy, computer anxiety, kemudahan untuk mendapatkan informasi, kemudahan memahami informasi dan faktor sosial. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 300 mahasiswa akuntansi di Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanagara sebagai responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode convinience sampling. Data yang dapat digunakan dalam penelitian ini sejumlah 275 responden atau dengan tingkat respon 91,67%. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesa adalah regresi linier multivariat, dengan skala likert interval yang diadopsi dari Brown (2002), Sigalotang et. al. (2006) dan Rahmawati dan Djamaluddin (2009). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel self efficacy, kemudahan untuk mendapatkan informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pemanfaatan teknologi informasi. Karakteristik individu untuk variabel computer anxiety menunjukkan hubungan yang negatif tetapi tidak signifikan terhadap penerimaan pemanfaatan teknologi informasi. Variabel kemudahan untuk memahami informasi dan faktor sosial menunjukkan hubungan positif tetapi tidak signifikan terhadap penerimaan pemanfaatan teknologi informasi. Penelitian yang akan datang disarankan untuk melakukan penelitian dengan sampel yang lebih luas, melakukan wawancara langsung dengan responden dan menambahkan variabel independen karena kemungkinan masih banyak faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan pemanfaatan teknologi informasi.
T The purpose of this research is to analyze factors affecting the use of information technology acceptance in accounting students. The independent variables in this research are self efficacy, computer anxiety, ease of finding, ease of understanding, and social factor. Data collection were collected using questionnaire which given to 300 accountancy students in Trisakti University and Tarumanagara University as the respondents. The respondents were chosen using convinience sampling method. Data can be used in this research were 275 respondents with responds rate 91,67%. Data analyis to this research hypoteses use analysis of multiple regressions, in a five likert scale which adopted by Brown (2002), Sigalotang et. al. (2006) and Rahmawati and Djamaluddin (2009). The result of this research shows that self efficacy and ease of finding variables are positive and significantly influenced the acceptance in use of information technology. Individual characteristic of computer anxiety shows a negative relationship but does not have any significant influence with acceptance in use of information technology. Ease of understanding and social factor variables show a positive relationship but do not have any significant influence with acceptance in use of information technology. The next research suggested to conduct research with a broader sample, interviews with respondents and add independent variables because possible there are many other factor which have an effect to acceptance in use of information technology.