Anteseden dan konsekuensi lokal green cosmetics purchase intention
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis influencer marketing dan attitude melalui green cosmetics purchase intention yang dapat berdampak terhadap green purchase behavior pada lokal green cosmetics. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian sudah lolos uji validitas dan reliabilitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen green cosmetics lokal dan aktif dalam menggunakan media sosial serta pengguna green cosmetics lokal selama enam bulan terakhir. Responden yang memenuhi kriteria telah mengisi kuesioner secara online melalui google form sebanyak 205. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing dan attitude memiliki pengaruh positif terhadap green cosmetics purchase intention dan green purchase behavior. Semakin terpercaya dan berpengaruh seorang influencer, semakin besar niat dan perilaku konsumen untuk membeli produk green cosmetics lokal. Sikap positif konsumen terhadap produk ini juga meningkatkan niat dan perilaku pembelian. Selain itu, green cosmetics purchase intention berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara influencer marketing dan attitude dengan green purchase behavior, menunjukkan bahwa niat untuk membeli memediasi pengaruh promosi influencer dan sikap terhadap tindakan nyata pembelian. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya peran niat, sikap, dan kepercayaan terhadap promosi influencer dalam mendorong perilaku pembelian produk green cosmetics. Penelitian berikutnya disarankan meneliti kosmetik internasional untuk memahami perbedaan preferensi konsumen dan memperpanjang periode survei guna memperkuat hasil penelitian.
T This study aims to analyze influencer marketing and attitude through green cosmetics purchase intention which can have an impact on green purchase behavior on localgreen cosmetics. The instruments used to measure the research variables have passedthe validity and reliability tests. Sampling was carried out using a non-probabilitysampling method with purposive sampling technique. The criteria for respondents inthis study are local green cosmetics consumers and are active in using social mediaand local green cosmetics users for the last six months. Respondents who meet thecriteria have filled out an online questionnaire via google form as many as 205. Thedata that has been obtained is then processed using the Structural Equation Modeling(SEM) analysis method using AMOS software. The results of this study indicate thatinfluencer marketing and attitude have a positive influence on green cosmeticspurchase intention and green purchase behavior. The more trusted and influential aninfluencer is, the greater the intention and behavior of consumers to buy local greencosmetics products. Consumers\\\' positive attitude towards this product also increasespurchase intention and behavior. In addition, green cosmetics purchase intention actsas a significant mediator in the relationship between influencer marketing and attitudewith green purchase behavior, indicating that purchase intention mediates theinfluence of influencer promotion and attitude.